Sunday, December 05, 2010

membunuh bosan

sekedar ingin menceritakan kembali tentang obrolan dengan beberapa teman tentang bagaimana cara membunuh bosan. aku ingat nina, ketika dia menceritakan bagaimana cara yang dia pilih dalam membunuh bosan, dia melakukan hal yang tidak biasa. seperti menggunakan tangan kiri untuk menulis, makan, atau melakukan pekerjaan yang biasanya menggunakan tangan kanan untuk melakukannya. dan ternyata sekarang dia bisa menulis dengan dua tangan secara langsung. hebat.
ini cara-cara yang saya pake untuk membunuh bosan:
  • aku yakin, ada banyak orang yang memilih untuk keluar lingkungan tempat dia biasa beraktifitas. misalnya berlibur keluar kota. dan saya adalah salah satu diantara mereka. padahal jika dihitung-hitung, seharusnya dengan gaya hidup saya yang sangat longgar, saya tidak seharusnya cepat bosan. hehehe atau karena kelonggaran itu menciptakan kepadatan tersendiri?? waks.. ah bilang saja hobi.
  • ada juga yang memilih untuk mencari hiruk pikuk.. semisal pergi ke tempat hiburan malam.. clubbing boooo'.. mendengar musik yang membuat jantung terasa berdetak lebih keras, sedikit alkohol, asap rokok dan gerakan tubuh.. melepaskan semua. everythings legal there, beibh.. naik ke panggung saja jika ingin sedikit sentuhan ingatan menggelitik ketika sadar dipagi harinya.. "what da hell happen last night??!" hahaha.. sukur saya tidak pernah sampe kayak gitu!
  • melihat pilm, liat dvd yang sudah lama dibeli tapi tidak ditonton dengan alasan tak punya waktu.. padahal lebih tepatnya karena udah terlanjur ke mall dan sampe di mall tetap tidak bisa menemukan alasan tepat kenapa ke mall.. akhirnya biar bisa menjawab jika ada pertanyaan, kenapa ke mall? sudah siap dengan jawaban, "beli dvd nich.. ini pilm ngetop banget, pilm indie loh.. ga diputer dibioskop tapi dapet penghargaan banyak.." sebuah jawaban mantap dan terkesan beda karena tidak hollywood minded.. keren... wekekek.. saya banget ini.. huahaha
  • wisata kuliner, sebenarnya ini bukan saya banget.. karena pada dasarnya saya lumayan pilih2 kalo soal makanan. hobi makan makanan hasil masakan rumah (selain cocok dilidah juga lebih ngirit.. hehe). ini biasa saya lakukan lebih karena bukan karena makanannya tetapi karena dolannya atau karena temannya atau bahkan karena traktirannya..
  • membaca dan mendengarkan musik.. novel anak dipadu dengan musik hasil aziza mustafa zadeh merupakan hal yang sangat menarik.. dunia anak selalu menarik.. semuanya serba luar biasa. (sedikit serius nich : menurut saya, mengenai istilah bahwa anak kecil itu bisa masuk 'surga' katanya karena mereka belum punya dosa.. menurut saya bukan... mereka bisa masuk 'surga' karena mereka selalu kagum akan banyak hal.. menganggap banyak hal begitu luar biasa.)
  • sejauh ini masih membantu membunuh bosan... untungnya saya dikelilingi oleh banyak teman.. dan mereka selalu ada di tempat tempat yang tersedia... misalnya warung kopi favorit.. hehehe
semoga saja cerita tentang bagaimana saya dan beberapa teman membunuh bosan ini dapat membantu.. jika tidak barangkali anda bisa mencoba cara yang ini, sedikit dramatis tapi saya yakin pasti manjur untuk membunuh rasa bosan anda. cobalah berjalan miring... kemanapun.. seperti kepiting.. yakin anda akan menemukan sesuatu yang lain dari biasanya.. selamat mencoba.. wakakakak

Friday, November 12, 2010

please... :)

aku tak pandai membacakan ABC untukmu. atau bahkan aku tak mampu..
aku tak pernah belajar sebelumnya. maka tolong, ajari aku..
please..

Monday, November 08, 2010

maaf...

ada. tak ada. tiada...

hening...

Friday, November 05, 2010

mboh kah...

http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2010/11/05/brk,20101105-289562,id.html

TEMPO Interaktif, Jakarta -Belasan pemimpin serta anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat, yang mengurusi masalah agama, pendidikan, kesehatan, dan penanganan bencana, kemarin bertolak ke Mekah, Arab Saudi, untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan haji tahun ini. Rombongan ini bertambah gemuk lantaran dijejali oleh sanak kerabat para anggota Dewan.

Kunjungan kerja di tengah merebaknya aneka bencana di Tanah Air ini dilakukan untuk mengecek pelayanan haji, seperti pemondokan, katering, transportasi, tindak kriminal, dan mengenai banyaknya calon haji nonkuota yang masih bisa lolos. "Masih banyak manajemen haji yang butuh evaluasi dan perbaikan," kata Ketua Komisi VIII Abdul Kadir Karding kemarin.

Rombongan yang berangkat kemarin adalah tim tahap pertama, yang akan bertugas hingga 7 November mendatang. Di sela kunjungan kerja dan evaluasi, rombongan berjumlah total 31 orang itu akan sekalian beribadah umrah di Mekah dan berziarah ke Madinah.
Abdul Kadir tak menyangkal ada sebagian anggota Dewan yang mengajak serta para pendamping atau kerabatnya. Namun, ia memastikan, para pendamping Tim Pengawas tak menggunakan duit negara. "Mereka di luar anggaran," ujarnya.

Wakil Ketua DPR Pramono Anung pun menegaskan hal senada. Kepergian tim itu, dikatakannya, atas persetujuan pemimpin DPR.
Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Ghafur menambahkan, anggaran kunjungan para anggota Dewan dan kerabatnya itu lepas dari urusan pemerintah. "Tidak pakai layanan haji kami," ujarnya.

Meski begitu, sejumlah kalangan mengecam perilaku para anggota Dewan, yang dianggap tak sensitif terhadap kondisi sebagian rakyat yang tengah dirundung bencana. Sebagian bahkan menganggap kunjungan ini sebagai pemborosan anggaran. "Jika ada yang juga dinikmati keluarga anggota Dewan, ini namanya korupsi," ujar Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia Sebastian Salang. 

RIRIN AGUSTIA | SANDY INDRA PRATAMA | FEBRIYAN | TOMI



Thursday, November 04, 2010

buntu

dulu aku bagian dari mereka. ya mereka... makhluk yang hobi duduk menengadah sambil memegang kelamin sendiri. dikala hari-hari tertentu mereka akan meminum anggur dan memamah A B C D dan seterusnya. tempata favoritku adalah di tengah lapangan tempat mereka biasanya berpesta. ah barangkali aku seharusnya berhenti berkata mereka, tapi menggantinya dengan kata kami.
kami sering mengadakan pesta. setiap bulan purnama kami berkumpul di  tengah lapangan, minum anggur dan bertambul A B C D dan seterusnya. jika beruntung kami bisa menggesek-gesekkan mimpi kami pada rumput sambil berteriak, "dasar kau anjing buduk tak pake celana dalam! untuk apa kau jadi seniman??!!!"

aku merasa seharusnya aku tidak berada disini, atau disana atau bersama mereka. aku ingin, tapi terlalu lelah untuk tertawa. aku tak punya mimpi.  atau barangkali aku juga sudah tak punya kelamin untuk dipegangi. entah kutaruh dimana.

akhir akhir ini, aku hanya berpikir tentang angka  dan sebuah batu. sebuah batu yang menganggap dirinya adalah dewa matahari. ah entah kenapa aku masih berpikir tentangnya. padahal setiap kali selesai aku membayangkannya, esok harinya aku pasti muntah.

tapi bukankah itu sudah menjadi pilihanku?? angka dan batu...

Saturday, October 23, 2010

waks!

apakah? apalah ? siapa? mengapa? dimana?
hahaha tak ada..

"aku berdiri di atas tanahku dan menatap langit
hemmm.. kau silahkan saja berlalu.."

seharusnya berbicara tentang buku cerita anak (novel klasik)

kamar ini membuat buntu. :D

beberapa buku cerita anak tlah kubavca. tapi tak satupun ide tentang cerita anak muncul di otakku. barangkali karena aku sudah tak berminat lagi punya anak. atau barangkali aku memang bodoh. tapi jujur dari beberapa cerita anak yang kubaca yang paling membuatku nyaman adalah secret garden karya  Frances Hodgson Burnett  http://en.wikipedia.org/wiki/The_Secret_Garden. entah kenapa.. barangkali karena ide ceritanya yang sederhana. menceritakan seorang gadis kecil dengan sebuah taman rahasia. atau barangkali karena sewaktu aku kecil dulu aku suka berimajinasi tentang sebuah taman kecil yang hanya milikku. hanya aku yang tau. sebuah taman rahasia. tapi semuanya serba mungkin.

buku yang menarik lainnya adalah "emmy and the incredible shrinking rat. novel anak ini sebenarnya bagus, tapi ada beberapa tulisan yang ilang atau kurang detail. jadi imajinasi pembaca diajak menerka setting kejadiannya. karena memang tiba-tiba berganti setting tapi tanpa diberi pengantar terlebih dahulu. kalo soal ini bisa saja pengaruh terjemahannya. sedikit mengganggu. http://www.lynnejonell.com/books/emmy_one/emmy1.html

kemudian "knock three times" yang kubeli karena cover yang menarik. tapi kesalahan yang ada pada novel "emmy and the incredible skhrinking rat" belum separah dalam novel ini. secara ide novel ini seperti layaknya novel anak klasik. dan ide klasik seperti ini memang yang disukai anak-anak. ada penyihir, makhluk2 ajaib dan kota antah beranta :D... terbukti keponakanku suka dengan cerita ini.(tentu saja aku mengolahnya dulu saat bercerita)

ah berhenti sajalah.. aku malas melanjutkan tulisan ini. :D (ah aku benar2 tidak sabaran orangnya wkwkwk)

Friday, October 01, 2010

emiliana torrini/telepathy


Think of me very scientifically
Share your thoughts with me
Send them over land and see

They seep through walls
Echo down abandoned halls
Let me see your joy and fear

How can it be we never see
What we have until it's gone
Why is it so we never know
What we have until it's gone

The more I try, all the faster you'll slip by
So vaporize


Slide to me like liquid ice
I can see into your eyes

Why is it so we never know
What we have until it's gone
Until we burn we never learn
What we have until it's gone

Scientifically
Scientifically

I can see into your eyes
The deepest blue of winter skies

Why is it so we never know
What we have until it's gone
Until we burn we never learn
What we have until it's gone



http://www2.mp3raid.com/search/download-mp3/11574900/emiliana_torrini_telepathy.html

Tuesday, September 28, 2010

pantai papuma jember




pantai papuma, tidak banyak yang tau soal keberadaan pantai ini. barangkali karena lokasinya di Jember, bukan Bali.. :D. ya, pantai ini berada di Jember tepatnya + 45km dari pusat kota Jember ke selatan, tepatnya di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. akses lumayan susah memang karena jalan yang menanjak dan berkelok. tapi setelah sampe disana semua jerih payah itu akan terbayar dengan keindahan pantai yang sepi dan seakan milik sendiri. sangat cocok untuk orang semacam saya yang suka melamun. hehehe






pasir putih yang membentang luas. pantai yang masih bersih, hutan yang masih asri lengkap dengan monyet yang masih banyak bisa dijumpai disetiap pohon. karena area perhutani maka wilayah ini cukup luas. beberapa penginapan disediakan, ada lokasi untuk berkemah, taman bermain dan ada spot2 pantai yang bisa dinikmati jika ingin menghindar dari keramaian. sip pokoke..

Thursday, September 16, 2010

gloomy sunday

Sunday is gloomy
My hours are slumberless
Dearest the shadows
I live with are numberless
Little white flowers
Will never awaken you
Not where the black coach
Of sorrow has taken you
Angels have no thought
Of ever returning you
Would they be angry
If I thought of joining you
Gloomy Sunday

Sunday is gloomy
With shadows I spend it all
My heart and I have decided
To end it all
Soon there'll be flowers and prayers
That are said I know
But let them not weep
Let them know
That I'm glad to go
Death is no dream
For in death I'm caressing you
With the last breath of my soul
I'll be blessing you
Gloomy Sunday


Dreaming
I was only dreaming
I wake and I find you asleep
In the deep of my heart dear
Darling I hope
That my dream never haunted you
My heart is telling you
How much I wanted you
Gloomy Sunday
Gloomy Sunday


(enjoy the song, dont care bout the clip hehehe  http://www.youtube.com/watch?v=4homC70VS9E)

Wednesday, June 23, 2010

PENGASUHAN PADA ANAK USIA DINI


Terdapat beberapa kunci penting untuk membuka ruang pengasuhan dan pendidikan yang dapat meningkatkan kecerdasan, yaitu:

1. Komunikasi
Komunikasi merupakan kunci awal untuk menjalin hubungan orang tua dengan anak. Biasakanlah untuk membangun komunikasi dua arah dengan anak. “Dengarkanlah” apa yang ingin diutarakan oleh anak. Hal-hal yang dalam pandangan orang tua dianggap oleh orang tua sederhana/sepele, bisa jadi merupakan suatu yang luar biasa bagi anak.
2. Keterbukaan
Membangun keterbukaan akan meningkatkan rasa saling percaya antara anak dan orang tua. Orang tua perlu menginformasikan aktivitas/kesibukan yang dilakukan, tentunya dengan informasi yang proporsional diketahui oleh anak. Bahkan apabila memungkinkan sesekali anak adapat dilibatkan dengan aktivitas orang tua.
3. Pembagian Peran
Kedua orang tua memiliki kewajiban yang setara dalam mendidik anak. Begitu halnya ketika kedua orang tua memiliki kesibukan, tidak ada peran yang lebih dominan dalam mendidik anak. Kesetaraan peran akan dilihat dan dirasakan oleh anak sebagai suatu harmoni yang dapat mengasah kecerdasan emosionalnya.
4. Konsistensi Pengasuhan
Disiplin yang konsisten dalam keluarga akan membangun karakter anak untuk mengerti dan bertindak sesuai aturan. Ajarkan aturan sedini mungkin diawali dari rutinitas sederhaana sehari-hari, misalnya berdoa, memberi salam, penggunaan kata maaf, terima kasih dan tolong.
5. Pemahaman Terhadap Kebutuhan Anak
Setiap anak berkembang dengan laju yang berbeda-beda, demikian pula karakteristiknya. Kenali masa penting pertumbuhan dan pengembangan anak. Peralihan dari usia pra sekolah ke usia sekolah, peralahan ke usia remaja merupakan dua masa penting yang memerlukan perhatian ekstra. Dampingi anak melewati masa transisi, berikan fasilitas sesuai tahapan perkembangannya.

Tuesday, June 01, 2010

menanamkan minat baca sejak dini


buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku berarti kita akan mendapatkan pengetahuan dan menambah wawasan. Sayangnya kebiasaan membaca di Indonesia tergolong rendah. Hal ini juga berbanding lurus dengan kualitas pendidikan Indonesia yang lebih rendah dari Negara-negara tetangga. Akibatnya angka pengangguran dan angka kemiskinan di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat.
Jika saja kebiasaan membaca ini ditanamkan sejak usia dini, mungkin kita tidak akan tertinggal jauh dari Negara Singapura, Malaysia maupun Jepang. Buktinya banyak anak Indonesia yang bias menjuarai olimpiade Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi di tingkat ASEAN, Asia, bahkan tingkat dunia. Jika diteliti bagaimana anak-anak tersebut bisa menjadi pemenang, maka mereka akan menjawab karena mereka banyak berlatih dan membaca buku.
Anak yang suka membaca biasanya akan lebih kreatif, imajinatif, inovatif, cepat tanggap, mudah menerima pelajaran dan lebih focus/konsentrasi. Pada pelajaran Bahasa Indonesia terutama mengarang, anak yang suka membaca akan menghasilkan suatu tulisan yang enak untuk dibaca. Karena membaca berarti melihat susunan kata yang terangkai menjadi kalimat, hingga membentuk suatu paragraph. Dengan membaca, anak akan terlatih konsentrasinya untuk menikmati bacaan yang dipegangnya.
Ada beberapa hal yang bias menyebabkan rendahnya minat baca di Indonesia, antara lain :
 Kurangnya bahan bacaan yang bermutu
 Harga buku yang mahal
 Banyaknya acara tv yang melenakan anak, seperti film kartun, gossip, musik, dll.
 Kurangnya contoh/teladan dari orang tua atau orang-orang yang ada disekitar anak
 Imej buruk di masyarakat bahwa orang yang suka membaca identik dengan kuper (kurang pergaulan), dijuluki kutu buku, jadul, dll
Pada dasarnya minat baca pada anak cukup tinggi. Lihatlah ketika sang bayi diberikan sebuah buku, maka ia sangat antusias untuk memegang, mengambil, meremas bahkan menyobeknya. Seiring dengan bertambahnya usia anak maka minatnya terhadap buku akan semakin besar tergantung dengan arahan sang orang tua. Anak yang belum bisa membaca akan senang sekali ketika orangtuanya membacakan sebuah cerita. Ketika si anak bisa membaca maka dia akan membaca sendiri, apalagi jika buku tersebut berwarna dan bergambar sesuai dengan perkembangan sang anak.
Agar minat baca anak bisa terus ditingkatkan, terpelihara hingga ia dewasa, maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, yaitu :
 Sediakan buku bacaan yang bermutu, menarik minat anak dan sesuai usia si anak
 Sediakan tempat khusus untuk menyimpan buku, agar ketika anak ingin membaca, maka dengan cepat dia bisa mengambil buku yang diinginkannya.
 Sediakan waktu khusus untuk membaca, misal selesai makan malam semua anggota keluarga harus membaca buku minimal 30 menit atau minimal 2 lembar buku.
 Ajak anak untuk mengunjungi perpustakaan, jika kondisi keuangan memungkinkan ajak anak ke toko buku dan biarkan anak memilih buku yang disenanginya
 Buatlah kelompok membaca, agar anak bisa membaca sambil berinteraksi dengan teman sebayanya.
Semoga tulisan ini membawa manfaat, agar kita dan anak-anak penerus bangsa ini gemar membaca, menjadi generasi yang cerdas, maju dalam berfikir, semangat untuk berubah menjadi lebih baik. Semoga negeri kita tercinta ini dapat bangkit dari keterpurukannya dan bisa berdiri sendiri di atas tanah nusantara tanpa meminta bantuan dari negeri lain.

Wednesday, May 05, 2010

bapak



" sarapan nik... aku gawe penyetan.." kata seorang lelaki ketika melihat anak gadisnya yang bangun selalu siang dan baru menuruni tangga menuju kamar mandi.
" hehehe.. nggih. penyet nopo, pak?" kata gadis itu
"iku aku goreng urang maeng.." kata lelaki tersebut, karena beliau tau anak gadisnya suka dengan udang.

adegan di atas sering kali terjadi.

suatu saat, lelaki itu pernah juga menangis karena melihat anak gadis yang paling disayanginya daripada anak gadisnya yang lain itu sholat. menangis senang.

suatu saat juga, lelaki itu pernah juga menangis karena pernah menampar anak gadisnya itu karena melangkah terlalu jauh dan hilang dari pandangannya. beliau menyesal. gadis itu belum pernah disakitinya sebelumnya. hanya sekali, sekali itu. satu satunya.

baginya, anak gadisnya yang satu ini sungguh istimewa dan seharusnya memperoleh perlakuan yang istimewa juga. tak pernah ada larangan. tak pernah ada kekangan. tak pernah. karena beliau begitu percaya.

beberapa hari yang lalu, sebuah pertanyaan keluar dari mulut beliau karena anak gadisnya tak pulang selama dua hari. dan beliau memang sudah mencurigai sesuatu sejak beberapa bulan yang lalu. tapi beliau percaya, selalu percaya kalau anak gadisnya tak akan pernah mengkhianati kepercayaannya.
sebuah pertanyaan, yang dijawab dengan sebuah kebohongan oleh anak gadis itu.

OTAKKU DIMANA???!!!!
NGATURAKEN SEDOYO KALEPATAN KULO, BAPAK...

DEMI BAPAK, ANIK BERSEDIA MEMBUNUH. TERMASUK JUGA MEMBUNUH DIRI SENDIRI.

Tuesday, April 27, 2010

me is back!!


ini hidupku
ini caraku

aku memberi makan diriku sendiri
aku memenuhi kebutuhanku sendiri

banyak teman, banyak cinta...

dan BEBAS

finally, setelah satu tahun sarat kejutan... kutemukan kembali ritmeku...

Terima kasih Tuhan, saya BAHAGIA... ^@^

Tuesday, April 13, 2010

infeksi saluran kencing (ISK)


Infeksi saluran kencing atau ISK merupakan masalah kesehatan yang cukup serius di bagi jutaan orang tiap tahun. ISK merupakan penyakit infeksi nomor 2 yang paling banyak menyerang manusia di muka bumi. Umumnya penyakit ini menyerang kaum wanita tapi sering juga ditemukan laki laki yang menderita ISK.

Sistem saluran kencing atau sistem urin terdiri dari ginjal, ureter, kandung kencing dan urethra. Diantara keempat organ tersebut, ginjalah yang paling memegang peranan. Ginjal berfungsi menyaring sampah dari saluran darah, mengatur keseimbangan cairan, dan memproduksi beberapa hormon. Ureter berfungsi mengalirkan cairan hasil penyaringan ginjal ke kandung kemih untuk disimpan sementara dan bila kandung kemih sudah penuh maka akan dikeluarkan ke dunia luar melalui saluran urethra.

Setiap orang dewasa rata rata memproduksi satu sampai 2 liter urine perhari terggantung dari kondisi cuaca dan banyaknya cairan yang masuk.

Penyebab infeksi saluran kencing.

Secara normal, air kencing atau urine adalah steril alias bebas kuman. Infeksi terjadi bila bakteri atau kuman yang berasal dari saluran cerna jalan jalan ke urethra atau ujung saluran kencing untuk kemudian berkembang biak disana. Maka dari itu kuman yang paling sering menyebabkan ISK adalah E.coli yang umum terdapat dalam saluran pencernaan bagian bawah.

Pertama tama, bakteri akan menginap di urethra dan berkembang biak disana. Akibatnya, urethra akan terinfeksi yang kemudian disebut dengan nama urethritis. Jika kemudian bakteri naik ke atas menuju saluran kemih dan berkembang biak disana maka saluran kemih akan terinfeksi yang kemudian disebut dengan istilah cystitis. Jika infeksi ini tidak diobati maka bakteri akan naik lagi ke atas menuju ginjal dan menginfeksi ginjal yang dikenal dengan istilah pyelonephritis.

Mikroorganisme seperti klamidia dan mikoplasma juga dapat menyebabkan ISK namun infeksi yang diakibatkan hanya terbatas pada urethra dan sistem reproduksi. Tidak seperti E. coli, kedua kuman ini menginfeksi orang melalui perantara hubungan seksual.

Faktor resiko

Beberapa orang memang mempunyai resiko menderita ISK lebih besar dari yang lainnya. Ketidaknormalan fungsi saluran kemih menjadi biang keladinya. Batu saluran kemih, pembesaran prostat akan menghambat pengeluaran urine sehingga mempermudah perkembang biakan kuman.

Orang dengan diabetes juga rentan menderita ISK akibat dari penurunan daya tahan tubuh. Penyakit lain yang mempunyai efek menurunkan daya tahan tubuh juga merupakan faktor resiko terjadinya ISK.

Infeksi saluran kencing juga sering ditemukan pada anak anak yang dilahirkan dengan ketidak normalan saluran kemih.

Perempuan lebih rentan menderita ISK bila dibandingkan dengan laki laki mungkin dikarenakan saluran urethra yang lebih pendek dan ujung anus yang letaknya dekat dengan ujung urethra.

Gejala ISK

Tidak semua penderita merasakan gejala ISK tapi umumnya ada satu gejala yang mereka rasakan walau tidak terlalu menganggu. Gejalanya antara lain, sering kencing dan kesakitan saat kencing, rasa sakit sampai terbakar pada kandung kemih.

Pada perempuan merasakan ketidaknyamanan pada tulang kemaluan. Umumnya orang yang menderia ISK akan selalu ingin kencing tetapi kencing yang dikeluarkan sangatlah sedikit.

Air kencingnya sendiri bisa berwarna putih, cokelat, kemerahan. ISK tidak akan menyebabkan demam selama masih menginfeksi urethra dan kandung kemih, demam muncul bila ginjal sudah kena. Gejala lain saat ginjal terinfeksi adalah adanya rasa sakit pada punggung, mual, atau muntah.

Pengobatan ISK

Infeksi saluran kencing diobati dengan obat obatan antibiotika. Pilihan obat dan lamanya pengobatan terggantung dari lamanya infeksi dan jenis kumannya. Bila memang gejala diatas muncul, sebaiknya segera ke dokter untuk memperoleh pengobatan.

Pencegahan ISK

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ISK antara lain :

*Minumlah banyak cairan setiap hari.
*Segeralah kencing bila ingin kencing, jangan hobi menahan kencing.
*Untuk perempuan saat cebok, basuhlah dari depan ke belakang bukan sebaliknya.
*Pilihlah shower saat mandi dibandingkan dengan bath tub.
*Bersihkan kelamin saat akan berhubungan intim.
*Hindari penggunaan cairan yang tidak jelas manfaatnya pada alat kelamin. Cairan ini dapat mengiritasi urethra.

Friday, April 02, 2010

The Melancholy Death of Oyster Boy & Other Stories


Writen and illustrated by Tim Burton
Published by Harper Collins Publishers, 1997

The imagination that has penned the pages of this book has created a dark and splendid treasure: a rare find. I suggest if you have not purchased a copy, you go and do so now. The stories are written in metric verse throughout. The tales are bizarre, at times even disturbing and at other times humorous. Tim Burton introduces us to a collection of strange children and creatures that are accepted by neither their parents nor the world around them because of their unusual characteristics, which plague them throughout their rather short lives.
The Melancholy Death of Oyster Boy is a painful, tragic tale of two parents who find themselves positively horrified by their child. They do not like the inhuman ‘half-oyster’ that is in the way of their perfectly normal lives – he is totally rejected by both of them and finally destroyed by them. This is my favourite poem and the longest in the book.
The book contains some very funny stories, however many of the stories told have a darker and sadder aspect to them. These little rejected outcasts are heartbreakingly lovable. There are few happy endings; the shadows that hover over each one, envelops them in the end. That physical abnormality that sets them apart as being different eventually conspires to destroy each one. In the story “Roy the toxic boy” we see him being put outside by well meaning people to get some fresh air, however it is the sun outside, the natural air that finally kills him! Other stories include “Stainboy” in his early beginnings, “Mummy boy” and “Stare girl”.
The illustrations have a tender simplicity that animates these odd little characters in the mind’s eye as you read the verses. The verses themselves are set in a distinctive typeface; ‘Scripps College Oldstyle’ designed by Fred Goudy, which complements the poetry perfectly.
The hardback black cloth covered book is embossed with gold lettering and protected by a beautiful paper dust jacket. I have shown a small sample of the drawings from the book with this review but the images here do not do the originals justices, which are drawn in fine ink pen and printed on the wonderful creamy paper.
You can see a glimpse of one of the poems by looking at Robot Boy in the flash section of the site.
©2003 Minadream.com All Rights Reserved.

Saturday, March 27, 2010

hidup adalah sebuah persiapan upacara kematian


kapan hari, saat Gus Dur wafat.. begitu banyak umat yang bersedih.. begitu merasa ditinggalkan. aku juga termasuk dari salah satu umat tersebut. sebuah kehilangan besar atas seorang guru bangsa. tokoh yang sangat luar biasa. aku ingat bahkan seorang teman berkata,' sekarang tak akan ada lagi orang besar yang bisa belain kita...' dia berkata sambil menangis. aku tak pernah menangisi seorang yang meninggal. tapi saat Gus Dur meninggal, melihat liputan saat upacara pemakaman aku menangis. semalaman menangisi seorang guru yang tak akan lagi membelaku atas otakku yang sedemikian vulgar atas apapun. ah.. guruku telah pergi.

saat upacara pemakaman yang dilakukan di Jombang tempat seorang Gus Dur dilahiran sungguh membuat trenyuh.. bagaimana seseorang mampu membuat orang lain sebanyak itu membanjiri upacara pemakamannya? bagaimana dalam upacara pemakaman itu mampu membuat tokoh-tokoh besar negeri ini tak layaknya rakyat kecil. berjalan kaki dan saling berebut untuk bisa menyaksikan atau bahkan hadir dalam pemakaman Gus Dur. ada ribuan atau bahkan jutaan orang hadir dalam pemakaman itu. mengucapkan sebuah do'a yang sama walau tak saling kenal.

jadi teringat seorang guru agamaku waktu SD. beliau pernah bilang,' jika jumlah pengantar jenazah sekitar ini sampai ini maka sang jenazah akan masuk surga ini, jika pengantar jenazah sekian itu sampai itu, maka dia akan masuk surga itu..' aku lupa dengan nominalnya. saat itu aku benar-benar berpikir seperti itu. cuman itu. agama dengan ke-mistis-annya.

lately, aku mulai berpikir... essensi dari kalimat itu barangkali adalah... sejauhmana kau hidup adalah sejauhmana orang hadir dalam pemakamanmu. lebih ke arah hubunganmu dengan manusia lain dan sesama ciptaan Tuhan. jika kau meninggal dan tak ada yang merasa kehilangan dirimu, maka bagaimana kau disebut hidup?! sejauhmana kau telah berguna bagi kemanusiaan? bagi sesama? bukan berarti kita membicarakan angka. kalimat guru agamaku itu sebenarnya cukup dalam maknanya. thats agama! terlepas konsep pahala atau dosa.

pahala atau dosa-pun adalah konsep yang ditawarkan seperti layaknya permen pada anak kecil. if u doing good i give u candys... pada dasarnya barangkali semua manusia seperti anak kecil yang selalu meminta hadiah atas hal baik yang telah mereka lakukan. bisakah kau bayangkan kalau seandainya konsep surga dan neraka, atau pahala dan dosa tidak pernah ada?? barangkali kita tidak akan pernah ingat pada Sang Pencipta.

Gus Dur telah hidup! dan beliau telah hidup dengan sangat bagus. hidup dengan bermanfaat..
BAGAIMANA DENGANMU, APAKAH KAU HIDUP??

Thursday, March 25, 2010

melati


Melati, dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dengan ketinggian sekitar 600-800 meter diatas permukaan laut, asalkan mendapatkan cukup sinar matahari. Melati dapat dikembangbiakkan dengan cara stek. Tunas-tunas baru akan tampak setelah berusia sekitar 6 minggu.

Melati mengandung senyawa-senyawa unsur kimia yang besar manfaatnya untuk pengobatan antara lain indol, benzyl, dan livalylacetaat.

Daun dan bunga melati juga terbukti dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kelebihan air susu ibu (ASI), sakit mata, demam, sakit kepada dan sesak nafas.

Melati dikenal dengan berbagai nama seperti Jasmine (Inggris), Jasmin (Perancis), Yasmin (Arab), Melati (Indonesia), Melur (Jawa), Malati (Sunda), Malate (Madura) dan Menuh (Bali).

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengambil manfaat melati, antara lain:

* Menghentikan ASI yang keluar berlebihan. Caranya, ambil satu genggam daun melati kemudian bahan tersebut dihaluskan. Kemudian tempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
* Sakit mata (mata merah atau belek). Ambil segenggam daun melati lalu dihaluskan. Tempelkan di dahi, apabila sudah kering diganti baru, ulangi sampai sembuh.
* Bengkak akibat serangan lebah. Ambil satu genggam bunga melati. Remas-remas sampai halus, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang disengat lebah.
* Demam dan sakit kepala. Ambil satu genggam daun melati, 10 bunga melati. Kemudian diremas-remas dengan tangan dan direndam dalam air. Gunakan air rendaman sebagai kompres pada dahi.
* Sesak napas. Ambil 20 lembar daun melati dan garam secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Tempel di dada, setiap pagi sebelum mandi.
Sumber : http://republika.co.id/berita/19359.html

Saturday, March 13, 2010

SAMPAH


“Sampah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembikinan atau pemakaian barang rusak atau bercacat dalam pembikinan manufaktur atau materi berkelebihan atau ditolak atau buangan”. (Kamus Istilah Lingkungan, 1994). “Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.” (Istilah Lingkungan untuk Manajemen, Ecolink, 1996). “Sampah adalah sesuatu yang tidak berguna lagi, dibuang oleh pemiliknya atau pemakai semula”. (Tandjung, Dr. M.Sc., 1982) “Sampah adalah sumberdaya yang tidak siap pakai.” (Radyastuti, W. Prof. Ir, 1996).

Jenis Sampah
Berdasarkan asalnya, sampah padat dapat digolongkan sebagai:
Sampah Organik

Sampah Organik terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan atau yang lain. Sampah ini dengan mudah diuraikan dalam proses alami. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik. Termasuk sampah organik, misalnya sampah dari dapur, sisa tepung, sayuran, kulit buah, dan daun.
Sampah Anorganik

Sampah Anorganik berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi, atau dari proses industri. Beberapa dari bahan ini tidak terdapat di alam seperti plastik dan aluminium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedang sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang sangat lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga, misalnya berupa botol, botol plastik, tas plastik, dan kaleng.

DAFTAR PUSTAKA

Agung Suprihatin, S. Pd; Ir. Dwi Prihanto; Dr. Michel Gelbert. 1996. Pengelolaan Sampah. Malang : PPPGT / VEDC Malang.
Ary Nilandari. 2006. Aku Bisa Menghemat Listrik. Jakarta : Dian Rakyat.
Atasi Defisit Energi Listrik, Indonesia Bisa Gunakan Biomass Sampah Sumber : Media Indonesia (14 Januari 2004).
DKI Perlu Modernisasi Pengolahan Sampah (Republika edisi 18 Agustus 2004),
Sampah Dapat Hasilkan Energi Listrik
(www.energi.lipi.go.id edisi 6 Desember 2004

PALAGAN


------------------- oleh: pangesthi harisaktyono


resah berkalang hujan anak panah
jejak-jejak luka kurusetra menembus cahaya
menjelma muara di tepian belantara

musim dan mayat terkapar
darah dan anyir bercumbu

mata-mata sembilu, kereta yudha dan lolong taraksa
berucap selaksa mantra

gemuruh braja mencabik udara
nafas-nafas ragu tersengal menunggu ajal
antara malam dan kelam
antara putih dan letih
antara mimpi dan api

matahari terseret ke utara
bercakap dengan gelisah, lalu
bersimpuh dalam mimpi yang kekal
antara darah dan marah
antara diam dan dendam

pucuk pinus mencakari langit
sesekali menjura di antara sorai dan luka

:kematian berdiri anggun dalam ladang pertempuran

2009

catatan:
*kurusetra = medan perang dalam cerita baratayudha
*taraksa = srigala
*braja = senjata sakti / halilintar

Saturday, March 06, 2010

durga


apakah bau anyir darah dari pertempuranku mengusik tidurmu, kakak?
adakah suara pedang tiba-tiba menancap di ulu hatimu?
adakah kau terluka?

jika ya...
biar kubabat habis matahari
biar kupenggal mimpiku. dan ku berikan pada setiap lolongan taraksa musim yang biadap ini.

katakan.. katakan.. karna aku kini menjelma durga

Saturday, February 06, 2010

Mendongeng itu Perlu



Seni mendongeng yang merupakan tradisi penuturan cerita lisan di Indonesia sesungguhnya sudah tumbuh sejak nenek moyang kita ada. Dan hingga kini ternyata masih banyak digemari anak-anak negeri ini. Seiring dengan pesatnya kemajuan zaman, seni tradisi mendongeng / bercerita ini, tidak bisa menhindar dari persaingan dengan budaya modern, terutama dalam perkembangan teknik media penyampaiannya.

Bila dulu anak-anak mendengarkan dongeng dari ibu atau neneknya saat menjelang tidur, tapi kini mereka bisa mendapatkan dongeng kapan saja dan dari media apa saja, misalnya dari cerita bergambar, kaset-kaset dongeng, atau acara cerita untuk anak yang disiarkan oleh radio atau tayangan televisi.

Walaupun demikian sesungguhnya mendongeng atau bercerita pada anak hingga saat ini adalah suatu hal yang amat perlu kita lakukan, baik itu oleh para guru, pustakawan maupun orang tua.

Pada saat kita mendongeng, anak-anak bisa mendengarkan serta mengembangkan daya imajinasi serta dapat pula memperluas minatnya untuk belajar mengenal sesama manusia dan kehidupan sekelilingnya serta terutama memahami pribadi dirinya sendiri.

Walaupun dongeng sering dianggap sebagai suatu cerita bohong, bualan, khayalan atau cerita yang mengada-ngada dan kurang manfaatnya, bahkan dongeng dianggap sebagai cerita yang tidak masuk akal. Sesungguhnya pendapat itu kurang beralasan dan tidak bijaksana. Padahal apabila kita cermati lebih mendalam isi cerita dari dongengan tersebut tentu sangatlah banyak manfaatnya yang dapat kita pelajari terutama dalam bidang pendidikan dan pelajaran budi pekerti yang luhur.

Manfaat lain dari mendengarkan dongeng adalah anak-anak akan terlatih untuk bersikap pro aktif yang akan terus dikembangkan dalam hidupnya, sekaligus membantu perkembangan dan pertumbuhan jiwa, serta kreativitas anak tersebut.

Tidak dapat dipungkiri saat ini kegiatan mendongeng sedkit demi sedikit mulai tersisihkan keberadaannya oleh pesatnya kemajuan teknologi modern, namun untunglah akhir-akhir ini masih banayk masyarakat yang peduli terhadap perkembangan dan pelestarian budaya mendongeng.

Di Indonesia meski agak sedikit terlambat perkembangannya saat ini kegiatan mendongeng sudah mulai menjamur, bahkan telah terbentuk sejumlah perkumpulan pendongeng antara lain lembaga Pelestarian dan Pengembangan Dongeng Iondonesia yang beranggotakan para pendongeng pemula, guru-guru muda, illustrator dan pemerhati anak.

Selain itu masyarakat pecinta buku bacaan telah membentuk wadah organisasi “Permata Doa” (Perhimpunan Masyarakat Pecinta Dongeng). Ada Pula Kelompok pecinta bacaan anak (KPBA), Society for the advancement of Children’s Litrature (SSACL) dan Indonesian Board on Books for Young People (INABBY) dan lain-lainnya.

Tidak hanya di dalam negeri saja, ternyata di luar negeripun kegiatan mendongeng mulai dilirik lagi misalnya di Amerika kegiatan mendongeng sudah dikomputerisasikan tentang dongeng. Para guru pengajarpun menyusun program mendongeng di kelas-kelas sekolah di Amerika hingga menembus dunia maya Internet.

Di Jepang kegiatan mendongeng kini menjadi acara primadona anak-anak, hal ini menarik minat para usahawan untuk mensponsori kegiatan hiburan yang paling menarik tersebut.

Di Inggris dan Jerman kegiatan mendongeng kadangkala dipadukan dengan situasi alam dan lingkungannya. Ini membuat daya tarik tersendiri. Yang lebih menarik para pendongeng memanfaatkan bekas-bekas peninggalan mendongeng. Cerita yang disajikan biasanya tentang para pahlawan pada zaman kejayaan kerajaan tersebut.

Di Negara-negara ASEAN seperti Malaysia dan Filipina, kegiatan mendongeng merupakan salah satu sajian tuntunan bagi anak anak dalam rangka mengajak anak mengikuti program gemar membaca.Tidak kalah menariknya di Singapura para pendongeng banyak dipekerjakan untuk menghibur anak-anak, saat orang tua mereka berbelanja di Super Market.

Jelas sekali kegiatan mendongeng sebenarnya tidak semata-mata sekedar bersifat hiburan belaka, melainkan memiliki tujuan yang lebih luhur, karena bermuatan pesan moral yang baik dan sangat berarti bagi perkembangan jiwa anak. Mendongeng pun mejadi cara termudah mengajari sesuatu kepada anak anak tanpa kesan menggurui.

Dengan kata lain tujuan utama mendongeng adalah memperkaya pengalaman batin anak dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan pendidikan dengan cara yang paling sederhana dan menarik.

Tuesday, February 02, 2010

naughty gal!


aku tak pernah genit...

apalah ruang? apalah waktu? semua hanyalah batasan yang kita buat. manusia buat. seperti juga saat itu. saat dimana aku bertemu denganmu di antara rak-rak buku dan bisingnya kota surabaya. oh lelaki kecil desahku saat itu. aku tak sadar bahwa kau begitu cantik. yang kutau kau butuh pelukan.

apalah ruang? apalah waktu? semua hanyalah batasan yang kita buat. manusia buat. 'aku lelaki kau perempuan..', katamu.

lelaki kecilku yang cantik, ada berapa dirimu? gelas, batu, angin dan mimpi... kau menakjubkan dengan caramu sendiri. kau begitu... begitu... ah lupakan... aku senang membauimu sekaligus takut.
barangkali dari sekian lelaki yang kukenal kau adalah lelaki pertama yang membuatku takut, hingga diam seribu bahasa.

saat itu tak ada hal lain yang bisa kutawarkan kecuali sehelai rambutku. kupikir kau akan selamanya setuju. rambutku hitam dan panjang.. tentu saja karena aku memanjangkannya lebih lama darimu. ternyata kau tak hanya ingin aroma rambutku, kau lebih tertarik aroma tubuhku. lelaki kecilku yang cantik, ada luka karena kupikir langit tempat kita saling pandang akan selalu begitu.. tak bisakah kau cium darahku? kau salah. kemudian kita berdua yang salah. ah, kau begitu cantik lelaki kecilku dan aku selalu tergoda dengan kecantikan lelaki... tak kuasa kutahan malam walau terkadang subuh sering kali datang.

aku melihatmu kemaren malam, setidaknya terasa seperti semalam... sudah kubilang.. apalah waktu? kau semakin cantik saja... semakin menakjubkan saja... dan selama dua malam kubenam aroma tubuhku yang aku yakin kau mampu membauinya... ah... kau!

malam... tak usah kau ciumi rambutku... sekalian saja.. karena aroma kita sama. kau nakal dan aku sudah tak tahan ingin melumat bibirmu...

aku tak pernah genit... aku nakal katamu... AKU INGIN.. bisakah aku ke kotamu malam ini??

Wednesday, January 13, 2010

dilarang hamil diluar nikah


okey, menindaklanjuti soal perawan tidak perawan dan seks diluar nikah, maka sampailah pada bahasan resiko yang menyertai seks diluar nikah. terlepas apakah bahasan tentang keperawanan adalah hal yang basi atau tidak, yang jelas jika anda melakukan seks diluar nikah anda pastikan sudah siap dengan resiko (tanggungjawab) yang menyertainya. khususnya jika anda perempuan.

mungkin tidak semua menyadiri dengan benar, apalagi kalo pas bersetubuh, bahwa resiko orang bersetubuh adalah hamil dan punya anak. saya menekankan ini pada perempuan. ini sangat berlaku bagi anda perempuan yang masih muda, yang libido lebih tinggi dari otak, yang perasaan ingin membuktikan cintanya pada pasangan dengan cara seks.dan akhirnya MEMILIH untuk melakukan seks. (ini tidak berlaku pada anda korban perkosaan)
HAMIL DI LUAR NIKAH:
1. aborsi (jika tidak siap)
perlu anda ketahui berapa uang yang ada punya, pertimbangkan tempat anda akan melakukan aborsi, kondisi prakter ahlinya, kondisi kesehatan fisik anda dan tentu saja psikologis anda.
dan yang perlu anda tau, ABORSI ITU MELANGGAR HUKUM! dan jika anda tetap melakukannya, saya sedikit kuatir dengan nilai kemanusiaan anda. tapi ini pilihan anda.
2. meneruskan untuk melahirkan
- menikah adalah jalan yang terbaik.
- melahirkan tanpa suami. okey kalo anda melakukan ini maka saya acungi 4 jempol yang saya punya. kenapa? secara psikologis anda haruslah perempuan yang sangat kuat. berhadapan dengan orang tua anda, masa depan anak anda yang bisa jadi tumbuh tanpa figur seorang ayah. pertimbangkan soal masa depan anak anda, tentang akte kelahiran yang secara hukum tidak bisa dibuat tanpa surat nikah. biasanya siasat yang dipakai adalah menggunakan kena lahir yang biasa diperoleh waktu melahirkan anak dirumah sakit. tapi beberapa sekolah menolak anak tanpa nama bapaknya. beberapa kasus biasanya mensiasati dengan memasukkan nama anak pada KK (kartu keluarga) dari sang ibu. berarti karena ibunya masih single maka ya.. masuk dalam KK milik nenek dan kakeknya. secara legal, anak ini kemudian menjadi adik dari sang ibu. nah ini melanggar hak anak, karena mengaburkan asal usul sang anak.

see, jika anda perempuan yang belum menikah dan memilih bersetubuh sebagai bagian dari hidup anda maka anda harus siap dengan beberapa resiko dari pilihan anda. jangan lupa jika anda meneruskan untuk melahirkan sang bayi tapi tanpa suami. anda harus siap bahwa anda melakukan pilihan ketika bersetubuh. bukan suatu paksaan, maka bersiaplah sebagai personal akan semua itu. bersetubuh adalah pilihan anda sebagai personal terlepas itu berkaitan dengan orang lain atau tidak.

Thursday, January 07, 2010

keperawanan (basi)


Seberapa penting nilai keperawanan bagi seseorang? Bagi laki-laki dan bagi perempuan. Di Indonesia tentunya. Barangkali masih bisa dikerucutkan lagi, di Surabaya. Tadi sempat mengobrol dengan seorang teman yang melakukan tanya jawab sekedar iseng dengan beberapa orang teman dia yang berjenis kelamin laki-laki. Temanku ini adalah seorang laki-laki. Dia mengajukan pertanyaan ini pada laki-laki dengan berbagai macam bacground pendidikannya. Mulai dengan tukang becak, sampai teman kuliah dia. Dia bertanya tentang apakah ‘keperawanan merupakan hal yang penting?’. Jumlah informan yang dia ambil adalah 19 orang. Sekali lagi ini hanya interview ala kadarnya, tanpa memperhatikan aturan main dari sebuah penelitian.

Dari 19 orang yang dia tanya, hanya 2 orang yang menganggap bahwa keperawanan bukanlah hal penting. Dan ternyata dari dua orang itu, salah satunya adalah dia (hehehehe..). Ada jawaban yang menarik dari salah satu informan yang diwawancarainya, yaitu ‘keperawanan itu sangat penting. Kenapa? Karena itu sebuah kehormatan perempuan. Perempuan tidaklah bisa disebut sebagai perempuan jika dia tidak mampu menjaga keperawanannya. Dan sebuah kehormatan bagi laki-laki dan keluarganya untuk mendapatkan seorang pacar dan atau calon istri yang masih perawan.’

Barangkali bukan masalah apakah perempuan dituntut untuk tetap perawan sebelum dia menikah, jika laki-laki juga bisa dituntut untuk tetap perjaka sebelum dia menikah. Tapi tolak ukurnya dimana? (medicaly), karena sejauh yang kita bersama ketahui bahwa laki-laki tak punya selaput dara yang menjadi tolak ukur keperawanan layaknya perempuan. Kita juga tak mungkin memakai argumen bahwa cepatnya laki-laki mencapai klimaks pada saat pertama kali mereka berhubungan badan, bukan?? Meskipun katanya seperti itu (tak ada ungkapan fakta empiris). Karena ejakulasi dini juga bisa dialami oleh lelaki yang sudah beberapa kali (sering) melakukan hubungan badan. Bahkan pertama kali melakukan hubungan badanpun, bisa jadi lama (weks..). Sekarang apa tolak ukur bagi keperjakaan seorang lelaki? Dengkulnya udah keropos barangkali? (emang osteoporosis?? Weks..).

Jadi ingat kasus seorang teman perempuan (saya tau teman ini perawan dalam artian medik, itu juga menurut dia). Suatu saat dia pernah makan di sebuah warung makan. Saat itu dia makan sendirian, tiba-tiba muncullah sekelompok remaja, anak kuliahan (ada laki-laki dan ada perempuan). Entah mereka membahas apa.. yang jelas kemudian, temanku mendengar sedikit pembicaraan kelompok itu. Mereka membahas teman mereka yang putus nyambung dengan pacarnya. Salah seorang dari kelompok itu mengatakan dengan cukup keras sampai terdengar di telinga temanku ini. ‘kenapa sih si A mau dengan si B, si B khan dah ga perawan. Bodoh si A itu…’ spontan temanku yang mendengar langsung terhenyak. Berhenti makan, kemudian membayar makanannya dan pergi. Sebenarnya dia ingin menghampiri kelompok mahasiswa tersebut, dan siap berperang dengan mereka, tapi berhubung itu di warung, dan sejauh yang dia pahami obrolan mereka bukanlah urusan dia. Tapi dasar temanku itu yang tak dapat melawan rasa tidak sepakatnya dengan pernyataan yang dilontarkan oleh salah seorang dari kelompok tersebut maka itu tindakan yang dipilihnya. Pergi.

Setelah pergi dari situ, temanku dengan sangat emosi datanglah menemuiku. Yah.. rupanya aku memang selalu tepat dijadikan sasaran emosi dan sasaran masalah. Pawaan masalah jarene emakku.. Dengan nada yang masih emosi, dia mengungkapkan apa yang dialaminya ketika makan malam tadi. Dan masih dengan emosi juga, ‘ Sekarang gini deh, Mak… apa sih tolak ukur perawan dan bukan? Selaput darah atau otak? Mana ada sih yang masih perawan jaman segini? Kalo bukan diperawani oleh kelamin, maka pasti jaman udah memerawani dia.’ Huahahaha.. aku suka kata-kata dia saat itu.
Sebenarnya ini adalah isu basi… jadi muncul kembali karena akhir-akhir ini aku menghadapi persalahan ini di sekitarku. Jangan mengambil kesimpulan terlebih dahulu.

Tulisan ini masih ada terusannya… wekekekek… apapun yang anda pilih dan lakukan berkaitan dengan anda sebagai pribadi, haruslah sadar betul akan resiko dan tetek bengeknya termasuk dengan konsensus sosial. dan tentu saja anda harus bisa mempertanggungjawabkan pilihan anda tersebut... piss..

Monday, January 04, 2010

Mengapa Ulat Menjadi Kupu-Kupu


Dahulu kala di sebuah taman yang kecil, hiduplah sekumpulan ulat dan juga beberapa Bunga Sepatu dan Bunga Mawar. Pada awalnya mereka semua bersahabat. Sampai suatu hari, sekuntum bunga mawar bernama Okit dengan sombongnya berkata.

“Hei para ulat! Jangan terus memakani daun kami!”

“Ya benar! Lihat…daun-daun kami jadi rusak, pergi kalian dari taman ini!” sahut bunga mawar lainnya.

Ulat-ulat merasa sangat sedih. Mereka memang memakani daun-daun bunga di taman itu. Tetapi jika mereka tidak makan, tentu mereka akan mati kelaparan. Akhirnya dengan kerendahan hati mereka berniat pergi dari taman itu. Namun sekuntum bunga sepatu mencegahnya.

“Hei, kalian jangan pergi,” kata Rena si bunga sepatu kepada ulat, “kalian boleh memakan daun kami para bunga sepatu di taman ini.”

“Benar, kami rela membagi daun kami kepada kalian,” ucap bunga sepatu lainnya.

Ulat sangat berterimakasih atas kebaikan bunga sepatu dan berkata.

“Terimakasih, kalian telah menolong kami.”

Akhirnya di taman itu bunga mawarlah yang paling indah karena daun mereka utuh. Terkadang beberapa bunga mawar mengejek bunga sepatu yang daun-daunnya bolong akibat dimakani ulat.

Suatu ketika, seorang manusia mendatangi taman itu. Dia berkata.

“Aku akan mengambil beberapa bunga disini. Oh tidak…bunga-bunga sepatu ini daunnya dimakani ulat. Aku ambil lima bunga mawar ini saja, daunnya masih bagus.”

Lalu manusia itu mencabut lima bunga mawar dari taman itu dan pergi. Taman itu berduka, khususnya bunga mawar. Mereka kehilangan lima anggotanya. Sekuntum bunga sepatu tiba-tiba berbisik kepada ulat.

“Kami harus berterimakasih kepada kalian. Kalau daun kami tidak dimakani kalian, mungkin kami juga diambil oleh manusia seperti lima bunga mawar itu.”

Di taman itu kini hanya tersisa lima bunga mawar. Mereka berlima takut akan diambil juga oleh manusia. Akhirnya mereka menyadari kesombongannya dan berkata.

“Kalian para ulat, kami mohon maafkanlah kesombongan kami. Kalian sekarang boleh memakan daun kami. Kami takut akan dicabut dari tanah seperti kelima saudara kami.”

“Tapi mawar, daun itu memang milik kalian, hak kalian untuk memberikannya kepada kami atau tidak,” tukas Hili si ulat jantan.

“Tidak ulat, sungguh kami sangat menyesal,” ucap Okit, “sudah seharusnya kami memberikan daun-daun kami untuk kalian makan. Bukankah sesama makhluk hidup kita harus saling tolong-menolong?”

Rena si bunga sepatu menjawab.

“Itu benar Kit. Bisa-bisa beberapa waktu kedepan bunga-bunga di sini akan habis dicabuti oleh manusia.”

Mendengar perkataan kedua bunga itu ulat-ulat sangat terharu dan seekor ulat menjadi bersemangat untuk berkata.

“Terima kasih para bunga, kalian sangat baik kepada kami,” teriak Hili berkaca-kaca, “kelak kami akan membalas jasa kalian!”

Beberapa hari berlalu, setelah ulat memakan daun-daun bunga mawar dan bunga sepatu, mereka bersepuluh berubah menjadi kepompong. Dalam beberapa minggu kepompong itu menetas dan ulat-ulat itu berubah menjadi kupu-kupu yang sangat indah. Para bunga takjub melihat perubahan itu, dan salah satu dari mereka berkata.

“Wah…kalian telah berubah wujud! Kalian kini bersayap dan indah sekali!”

“Terima kasih, “ kata Hili yang kini telah menjadi kupu-kupu, “Sekarang kami akan memenuhi janji kami. Kami akan membalas jasa kalian.”

Sepuluh kupu-kupu itu menolong bunga menyebarkan benihnya. Mereka menggunakan kemampuan terbangnya untuk menyebarkan benih-benih bunga mawar dan bunga sepatu secara merata di taman itu. Bunga-bunga sangat berterimakasih kepada kupu-kupu. Kini kupu-kupu tidak lagi mendapatkan daun dari bunga, tetapi madu yang sangat manis dan lebih enak daripada daun.

Berkat pertolongan sepuluh kupu-kupu, beberapa minggu kemudian jumlah bunga di taman itu bertambah. Kini di taman itu terdapat ratusan bunga mawar dan bunga sepatu. Kehidupan di taman itu menjadi penuh dengan kebahagiaan.

Namun di tengah kebahagiaan itu, tiba-tiba seorang manusia kembali datang. Seluruh penghuni taman itu pasrah jika ada bunga yang akan dicabut lagi oleh manusia itu.

“Kenanglah taman ini meskipun kalian dicabut olehnya!” teriak Okit kepada seluruh bunga. Perkataan Okit itu menguatkan hati para bunga untuk tetap kuat. Ketika mereka sudah siap menerima keadaan, manusia itu justru berkata.

“Oh Tuhan, taman ini sekarang indah sekali! Bunga-bunganya jauh lebih banyak dan sekarang ada kupu-kupu yang mengitarinya. Aku akan menjaga bunga-bunga ini agar tetap tertanam dan menyiraminya setiap hari.”

Manusia itu kemudian pergi tanpa mencabut sekuntum bunga pun. Seluruh penghuni taman itu bersorak-sorai gembira karena tidak ada yang berpisah. Seluruh bunga mawar, bunga sepatu, dan kupu-kupu kini hidup bahagia. Sampai saat ini, itulah alasan mengapa kupu-kupu mau membantu menyebarkan benih bunga, yaitu untuk membalas jasa bunga yang telah memberi mereka daun.***

Meidy Kautsar

Sunday, January 03, 2010

usia kandungan 8 minggu


Seluruh organ tubuh utama bayi telah terbentuk meskipun belum berkembang sempurna. Mata dan telinga mulai terbentuk. Jantung berdetak kuat. Dengan ultrasound kita dapat melihat jantung janin berdenyut.