Sunday, January 09, 2011

black swan



STORYLINE

Nina (Portman) is a ballerina in a New York City ballet company whose life, like all those in her profession, is completely consumed with dance. She lives with her obsessive former ballerina mother Erica (Hershey) who exerts a suffocating control over her. When artistic director Thomas Leroy (Cassel) decides to replace prima ballerina Beth MacIntyre (Ryder) for the opening production of their new season, Swan Lake,
Nina is his first choice. But Nina has competition: a new dancer, Lily (Kunis), who impresses Leroy as well. Swan Lake requires a dancer who can play both the White Swan with innocence and grace, and the Black Swan, who represents guile and sensuality. Nina fits the White Swan role perfectly but Lily is the personification of the Black Swan. As the two young dancers expand their rivalry into a twisted friendship, Nina begins to get more in touch with her dark side - a recklessness that threatens to destroy her.Written by Fox Searchlight Pictures
itu secuplik gambaran tentang cerita pilm tersebut. sebenarnya pilm ini saya tonton karena sebuah obrolan dengan teman, yang menyarankan untuk melihat pilm ini. dan tentu saja karena natalie portman yang jadi bintangnya.. hehe she's so beauty. 
black swan sendiri, merupakan salah satu karakter dari drama ballet swan lake. saya pertama kali tahu tentang cerita tenang swan lake adalah ketika saya kelas satu smp. ketika saya masih rajin-rajinnya baca komik ala abg semacam mary-chan. tapi ketika baca komik tersebut yang serinya banyak sekali, saya tidak paham sebenarnya bagaimana cerita sesungguhnya swan lake. karena dalam komik itu cuman menceritakan sebuah persaingan antar penari ballet untuk mendapatkan peran swan queen, dan percintaan ala anak abg. 

baru tahu tentang cerita itu setelah melihat pilm barbie swan lake, pilm yang diperuntukan pada anak-anak. tentu saja lah wong itu pilm ponakan saya. barangkali karena diperuntukkan bagi anak-anak, itu sebabnya cerita swan lake itu happy ending. ada beberapa versi tentang ending dalam cerita swan lake. ada yang kemudian sang pangeran dan sang swan queen menikah (seperti dalam barbie tersebut), ada yang kemudian sang pangeran sedih sampai mati, yang kemudian membuat white swan dan black swan menyesal, ada yang black swan meninggal dan pangeran dihukum dengan rasa penyesalan yang luar biasa (seperti dalam pilm black swan)
mengenai pilm dengan tokohnya yang mempunyai dua karakter atau lebih bukan hal yang baru, saya banyak menemukannya. salah satunya di secret window, hide and seek, identity dsb. tapi barangkali kalo soal mempunyai dua karakter karena digali, mungkin ini baru. dalam secret window,johnny depp (sang aktor utama) juga mengalami dua kepribadian, salah satu kepribadiannya dalah karakter dalam novel yang dia tulis. dan akhirnya the dark side yang menang. 
sebenarnya, ketika melihat pilm black swan saya sudah menduga mau kemana cerita ini, meskipun saya benar2 belum pernah membaca review tentang pilm ini sebelumnya (si teman cuman menyarankan melihat karena menurut dia, dia jadi suka liat balet karena pilm tersebut.. hehehe)
yang membuat saya terkesima adalah, natalie portman benar2 dibeberapa scene begitu gemulai layaknya penari ballet, apakah dia benar2 belajar?? makan waktu berapa lama untuk melakukannya??
tapi saya tidak menyesali sedikitpun telah melihat pilm ini. dibawah ini adalah sedikit awalan tentang the swan lake:


The Swan Lake, sejatinya adalah sebuah kisah pertunjukan balet terkenal yang disadur oleh Tchaikovsky dari sebuah dongeng Jerman, tentang penyihir jahat yang suka mengubah gadis muda menjadi burung. Berdasarkan dongeng tersebut Tchaikovsky menggubah sebuah pertunjukan balet yang romantis dan penuh dengan tragedi.

Inti utama cerita berkisah tentang dua orang gadis, Odette dan Odille. Dua gadis ini memiliki wajah yang sangat mirip sehingga sulit untuk dibedakan.

Akibat disihir oleh Von Rothbart, sang Ratu Angsa Odette, hanya bisa berwujud manusia antara tengah malam sampai fajar. Kutukan ini hanya bisa berakhir kalau ada seorang laki-laki yang mau mengikrarkan janji cinta sejati abadi.

Adalah Pangeran Sigfried, yang dipaksa untuk segera menikah oleh ibunya. Sang Pangeran sebenarnya  jatuh cinta pada Odette. Tetapi, ia kena tipu daya Von Rothbart yang bertekad menikahkan putrinya  Odile dengan Sang Pangeran.

Pangeran Sigfried yang mengira Odile adalah Odette telah terlanjur bersumpah menikahi Odile. Pengkhianatan ini mengunci nasib Sang Ratu Angsa, tetapi dengan kebesaran hati Odette memaafkan Sigfried. Sepasang kekasih ini masih bisa mengelakkan diri dari penyihir jahat dengan menceburkan diri mereka ke danau. Tindakan cinta mengorbankan diri ini membebaskan Dara-dara Angsa dari kutukan, dan menghancurkan kekuatan sihir Von Rothbart selamanya.



(KENAPA TIDAK ADA YANG MEMFILMKAN DURGA UMAYI YA?? KHAN SAMA-SAMA MEMPUNYAI KARAKTER LEBIH DARI 1 HEHEHE)

No comments: