Saturday, October 23, 2010

seharusnya berbicara tentang buku cerita anak (novel klasik)

kamar ini membuat buntu. :D

beberapa buku cerita anak tlah kubavca. tapi tak satupun ide tentang cerita anak muncul di otakku. barangkali karena aku sudah tak berminat lagi punya anak. atau barangkali aku memang bodoh. tapi jujur dari beberapa cerita anak yang kubaca yang paling membuatku nyaman adalah secret garden karya  Frances Hodgson Burnett  http://en.wikipedia.org/wiki/The_Secret_Garden. entah kenapa.. barangkali karena ide ceritanya yang sederhana. menceritakan seorang gadis kecil dengan sebuah taman rahasia. atau barangkali karena sewaktu aku kecil dulu aku suka berimajinasi tentang sebuah taman kecil yang hanya milikku. hanya aku yang tau. sebuah taman rahasia. tapi semuanya serba mungkin.

buku yang menarik lainnya adalah "emmy and the incredible shrinking rat. novel anak ini sebenarnya bagus, tapi ada beberapa tulisan yang ilang atau kurang detail. jadi imajinasi pembaca diajak menerka setting kejadiannya. karena memang tiba-tiba berganti setting tapi tanpa diberi pengantar terlebih dahulu. kalo soal ini bisa saja pengaruh terjemahannya. sedikit mengganggu. http://www.lynnejonell.com/books/emmy_one/emmy1.html

kemudian "knock three times" yang kubeli karena cover yang menarik. tapi kesalahan yang ada pada novel "emmy and the incredible skhrinking rat" belum separah dalam novel ini. secara ide novel ini seperti layaknya novel anak klasik. dan ide klasik seperti ini memang yang disukai anak-anak. ada penyihir, makhluk2 ajaib dan kota antah beranta :D... terbukti keponakanku suka dengan cerita ini.(tentu saja aku mengolahnya dulu saat bercerita)

ah berhenti sajalah.. aku malas melanjutkan tulisan ini. :D (ah aku benar2 tidak sabaran orangnya wkwkwk)

No comments: