Wednesday, June 23, 2010

PENGASUHAN PADA ANAK USIA DINI


Terdapat beberapa kunci penting untuk membuka ruang pengasuhan dan pendidikan yang dapat meningkatkan kecerdasan, yaitu:

1. Komunikasi
Komunikasi merupakan kunci awal untuk menjalin hubungan orang tua dengan anak. Biasakanlah untuk membangun komunikasi dua arah dengan anak. “Dengarkanlah” apa yang ingin diutarakan oleh anak. Hal-hal yang dalam pandangan orang tua dianggap oleh orang tua sederhana/sepele, bisa jadi merupakan suatu yang luar biasa bagi anak.
2. Keterbukaan
Membangun keterbukaan akan meningkatkan rasa saling percaya antara anak dan orang tua. Orang tua perlu menginformasikan aktivitas/kesibukan yang dilakukan, tentunya dengan informasi yang proporsional diketahui oleh anak. Bahkan apabila memungkinkan sesekali anak adapat dilibatkan dengan aktivitas orang tua.
3. Pembagian Peran
Kedua orang tua memiliki kewajiban yang setara dalam mendidik anak. Begitu halnya ketika kedua orang tua memiliki kesibukan, tidak ada peran yang lebih dominan dalam mendidik anak. Kesetaraan peran akan dilihat dan dirasakan oleh anak sebagai suatu harmoni yang dapat mengasah kecerdasan emosionalnya.
4. Konsistensi Pengasuhan
Disiplin yang konsisten dalam keluarga akan membangun karakter anak untuk mengerti dan bertindak sesuai aturan. Ajarkan aturan sedini mungkin diawali dari rutinitas sederhaana sehari-hari, misalnya berdoa, memberi salam, penggunaan kata maaf, terima kasih dan tolong.
5. Pemahaman Terhadap Kebutuhan Anak
Setiap anak berkembang dengan laju yang berbeda-beda, demikian pula karakteristiknya. Kenali masa penting pertumbuhan dan pengembangan anak. Peralihan dari usia pra sekolah ke usia sekolah, peralahan ke usia remaja merupakan dua masa penting yang memerlukan perhatian ekstra. Dampingi anak melewati masa transisi, berikan fasilitas sesuai tahapan perkembangannya.

No comments: