Friday, April 14, 2006



mantenan

seorang teman menikah kemarin... sebuah undangan te lah kuterima kira-kira beberapa minggu yang lalu, setibanya aku dari jogja. masih bersyukur karena dia masih mengundangku, berarti khan dia masih menganggapku temannya (ga tau lagi kalo yang diundang adalah orang-orang yang dibenci dan dimusuhinya...mungkin ga sih kaya' gitu?). well pokoke acara itu kudatangi dengan berbagai macam kerepotan, antara lain pengaturan jadwal, pengaturan harus bawa apa kesana (duit ato barang). akhirnya bujukrayu dengan agak memaksa kulontarkan pada seorang teman agar menggantikan pekerjaanku. aku datang ke pesta itu, pake pakaian yang awalnya kukira cukup bagus alias masih baru, anting-anting panjang, celana jeans hitam (i luv celana jeans), juga sepatu sendal 7cm, makeup cukup, rambut pendek terurai, wangi....sangat cukup. perfect ! bertemu dengan teman-teman, sepakat berangkat bareng. damn ! baju yang kukira lumayan itu, ternyata juga lumayan menarik perhatian. karena baju itu berlengan pendek hampir tidak berlengan, bisa disebut dengan istilah "u can see my ketiak" sedang hampir semua perempuan disana berkebaya or berjilbab. hahaha...dasar anik,..ya..nyante aja lah. lah wong aku berangkat itu dengan kepercayaan bahwa "aku cantik" jelas tak mau tergoyahkan. aku memang cantik !
pertama kali memasuki gerbang dan memasuki pagar2. pagar pertama adalah barisan laki-laki dengan blangkon, barisan yang kedua adalah barisan perempuan pake kebaya dan berjilbab. mereka semua serba merah. pagar itu melihatku dengan seksama, dan sepertinya juga rasa tertarik...karena tentu saja aku dengan kostumku yang jadi perhatian. fiuh..! barangkali mereka berpikir aku perempuan binal teman dari mempelai yang mana nih..hahahaha aku masih melenggang dengan percaya diri yang berlebih. ga ngurus! tuing....aku terpana ketika kulihat sahabatku berdiri didepan bersanding seorang perempuan yang kukenal. dia tertawa padaku, teringat aku pada janjinya untuk ketemu kemarin siang sebelum dia jadi manten. dia tidak memenuhi janji itu. aku ikut dalam barisan panjang yang mengantri untuk memberikan ucapan slamat atas apa tahapan yang sedang ditempuhnya. aku menyalaminya juga, bukan karena aku memahami tahapan yang sedang dijalani, ato alasan dari ia memilih untuk mencapai tahapan itu. tapi aku menyalaminya karena ia tampak bahagia dan aku tau tahapan ini benar2 ada diotaknya selama beberapa bulan terakhir.
aku kemudian bergabung dengan teman-teman yang datang lebih dulu. menghambur mencari minuman, karena aku tak tertarik untuk makan. seorang teman yang berangkat bareng aku, kutemukan sudah makan untuk yang kedua kalinya. barangkali dia tak mau rugi atas uang/barang yang dikeluarkannya atas pernikahan ini (hahahaha...semoga dia baca blog ini). bertemu kawan-kawan lama (alias wong2 tuek) ngobrol sambil berdiri, tertawa, gojlok2an. akhirnya disepakati aku harus cari tempat duduk dengan cepat ato aku harus cepat pulang. kakiku pegel, karena ta biasa pake sepatu sendal dengan ber"hak" lumayan tinggi. aku mimiLIh pulang dengan cepat. jadi langsung aja kuminta pada sang pengantin untuk masuki acara berikutnya bagiku yaitu "photo2an". kuseret beberapa teman untuk photo bareng denganku. aku sukses, beberapa temen photo barengku. setelah photo2an maka acara berikutnya adalah berebut untuk nyolong kembang melati yang ada pada pengantin. terutama penganten pria, yah...aku ga pake brebut untuk nyolong, lah wong aku langsung diberi oleh pengantin pria, melalui tangan kanannya sambil berkata "ta ke'i koen. aku yakin koen ga mungkin berkehendak apalagi menyelewengkan maknanya." hahahahaha...syetan! itu tidak adil, ritual itu baru akan manjur kalo aku nyolong, bukan dikasih...dan kata-kata itu...hahahaha, dobol ! tapi toh aku menerima pemberian sahabatku itu. setelah photo2an aku pergi juga, kembali ke temanku yang sudah menggantikan pekerjaanku untuk sementara. malam masih juga gerimis, kuambil hp-ku, menulis beberapa kata "bener khan omonganku. rabi2 koen ambe' iin iku. pokoke selamat menghadapi masalah. seng ati2." kutekan send, tertuju untuk sahabatku yang sedang berbahagia. pesanku "SELALU WASPADA KAWAN!"

No comments: