Thursday, March 23, 2006

KEMBALI MEMBACA


akhir- akhir ini aku mulai membaca buku lagi. meskipun bukan buku-buku berat yang berbau teori dan teori. milan kundera dengan "kitab lupa dan gelak tawa", buku dari seorang perempuan dalam kehidupan santo agustinus (hehehe...buku ini tentang perempuan pintar yang sedang marah-marah), dan yang terakhir adalah sebuah naskah pementasan dari george bernard shaw "man and superman" atau dalam bahasa indonesianya "manusia adi manusia". hampir semua buku itu adalah buku-buku yang sudah kubeli cukup lama sekitar 1,5 atau 2 tahun yang lalu tapi aku masih malas membacanya.
ternyata membaca buku merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan. buku yang saat ini sedang kubaca yaitu man and superman milik bernard shaw sungguh menarik, sebuah naskah pementasan komedi dan filsafat. asli lucu pool. ada banyak opini tentang perempuan yang berlawanan dengan apa yang sudah sering kita dengar. selama ini opini tentang perempuan selalu meletakkan pada perempuan sebagai manusia yang tertindas. yang tidak bisa berpikir picik, dan cerdas. yang jelas opini tentang perempuan dalam buku itu, hampir sama dengan opiniku. perempuan tidak harus seperti laki-laki kalo ngomong keseteraan dan sebagainya. jadi ingat pepatah " tempat yang paling berbahaya adalah tempat yang paling aman" nah hampir sama dengan opiniku tentang bagaimana seharusnya perempuan. kalo ada orang yang seperti kebakaran jenggot menanggapi pendapat " woman is the second sex" aku malah memilih tidak mengambil pusing segala istilah itu. membiarkan opini bahwa perempuan adalah makhluk lemah, adalah sebuah strategi bagus untuk menjerat musuh. tentu saja yang aku maksut dengan musuh di sini adalah laki-laki.
jadi teringat pula dengan sebuah kalimat yang diucapkan oleh seorang roy marten ketika dia ditangkap karena kasus narkoba, dalam tayangan sebuah infoteinment yang semakin semarak saja. " tidak ada dalang dalam kasus penangkapan saya, ini semua hasil kerja bagus dari pihak kepolisian dan saya sebagai laki-laki akan bertanggungjawab atas apa yang memang sudah saya perbuat." hehehe...asli aku tersenyum ketika melihat tayangan dan terutama kalimat itu. komentarku sih...."asyik.....tanggungjawab dipihak laki-laki. jadi kalo seandainya ada apa-apa dengan perempuan. atau perempuan melakukan kesalahan...ya ...maaf...kami memang tidak didik untuk bertanggungjawab :D....masuk khan?! hehehe..."
bukannya aku pro feminis or kontra or apa kek tapi yang jelas aku mencoba mengambil sela dari setiap konsep sosial dari seorang perempuan.

kembali pada buku " man n superman" : bisakah membayangkan seorang laki-laki yang lari terbirit-birit karena ada seorang perempuan yang jatuh cinta dan mengejarnya agar dinikahi? padahal laki-laki itu sebenarnya juga mencintai perempuan itu. seorang pemikir radikal john tanner keturunan don juan seorang perayu ulung, lari karena karena takut pada perempuan dan belenggu yang akan diterimanya ketika hidup bersama perempuan. ketika ia tau seorang ann whitefield bangsawan yang cantik, pintar dan licik sedang berusaha mengejarnya maka ia pun melarikan diri menuju spayol di tengah perrjalanan ia akhirnya bertemu dengan seorang geromban perampok yang dikepalai oleh mendoza. akhirnya dia terhenti perjalanannya. tak disangka ann whitefield mengejarnya. akhirnya dengan segala keterpaksaan iapun menyepakati untuk menikahi ann whitefield....sungguh mereka adalah pasangan yang cocok.

No comments: