Monday, March 27, 2006


bapak
(untuk "ikan kecil" : semoga selalu ada senyum untukmu.")
maka akupun menghitung jarak sperma dan rahimmu

barangkali akan kudapati jejak sang jabang bayi
ingin kutandai setiap jejaknya,
agar suatu hari nanti dapat kumiliki

langit menamparku tak ada jejak untuk dicari
apalagi ditandai
hingga perih diri sendiri
akupun mulai menghitung mimpi

merangkainya menjadi angin dingin di mataku

"ya Allah...ya Bapa..."

tak ada amnesti ketika amputasi

seperti pandir, akupun masih tak mengerti

berlari bermimpi berlari dan
akhirnya
berhenti pada suatu pagi

"tapi aku juga seorang bapak, Bapa!"

"tak bisakah aku menjadi?!"

Saturday, March 25, 2006

huh! johnny......

Dalam sepekan ini aku melihat 2 film yang dibintangi oleh kakangmas Johnny. film-film ini sebenarnya belon pernah kudengar judulnya. seorang teman meminjamkan dvd-nya. yang pertama "the Brave", yang dibintangi dan di sutradarai olehnya, dan digarap bareng sodaranya D.P Depp. kemudian film yang kedua adalah "Fear and Loathing in Los Vegas" dibintanginya dengan Benicio del Toro.
"the Brave", yanHomebraveg diproduksi pada tahun bercerita tentang seorang keturunan Indian yang tinggal didaerah kumuh (pembuangan rongsokan) bersama keluarganya dan orang-orang sisa lainnya. film yang diangkat dari novelnya Gregory McDonald dan diproduksi pada tahun 1997 ini mengangkat tema pengorbanan seorang Raphael dengan rela menjual nyawanya demi 50 ribu dollar untuk menyelamatkan keluarga dan penduduk kampung kumuh tersebut (hayah, sok hero sok asoi..hehehe). begini yang dikatakan oleh kakangmas Johnny tentang "the Brave", "we always say 'i wouldP15 kill for my family, but would u really? i mean when really put in that situation, would u really give up your life? do you really love something or someone that much?". (yah begitulah pertanyaan dari kakangmas Johnny berkaitan dengan filmnya itu......tapi kang mas, apapun pasti aku lakukan kalo menyangkut dikau.....weks, nggilani poll! weks cuh!)

digarap dengan minimalis. minimalis sak kabeh-kabehe pokoke. mulai dari setting, plot, alur, aktor, cerita sampe karakter tokoh juga minimalis. dengan keminimalis-an ini kok yo masih menjadi nominasi dalam Cannes Film Festifal. intine kalo bukan big fans of kakangmas Johnny, hadah pasti bosan. ga ono gregete.

tapi seng jelas dalaFear_n_loathingm film ini kakangmas Johnny masih cukup muda, karena film ini diproduksi pada tahun 1997. masih gemuk, ganteng (jelas lah) dan cantik (haduh...) tidak ketinggalan "indian". sedang film "Fear nad Loathing in Los Vegas" bisa dibilang film tentang 2 orang luar biasa...yaitu Raoul Duke yang diperankan oleh kangmas Johnny, dan Dr. Gonzo yang diperankan oleh Benicio del Toro. awalnya aku tidak tau kalo Dr. Gonzo adalah Benicio del Toro....gendut, gemuk, rambut hitam kriting agak panjang (pokoke potongan nggilani). sedang Johnny botak (botak bukan gundul). damn! tetep ngganteng kok. film ini pengambilan gambarnya bagus, setting bagus, ide yang brilian. tapi jika kamu bukan orang dengan ide sama gilanya dengan mereka....fiuh, kau akan muak! hehehe....bercerita tentang Raoul Duke yang ingin meliput balapan motor ditemani oleh Dr. Gonzo...yah begitulah ceritanya...untuk lebih lanjut silahkan lihat dewe.

seng penting "i love Johnny".

November 18, 2005

untuk seorang si yang hidup di jogja

hari ini ,
kau sodorkan aku sebuah pintu.
rupanya, telah menunggu kau dibaliknya
duduk disebStoneface_1uah bangku tua
dan sebuah layangan siap
kau pinta untuk kuterbangkan untukmu

barangkali kau buang saja layangan itu
karena warnanya ta cocok untuk kulitku.
bukan itu. sungguh.
barangkali aku hanya ingin duduk saja di bangku itu
sambil memandangmu...

January 26, 2006 |

sekedar nitip



bermain rembulan

airmata rembulan kita pernah rangkai
dan anak-anak kabut membawanya pergi

tak lama setelah kita
mulai membakar ayat-ayat metropolitan
yang memang tak pernah ramah

kakang,
sungguh perih bermain rembulan
menjinjing,menjahit, memola,
menggunting dan tiba-tiba
sajadah kita terbanting

kakang,
aku memang tak jujur meminangmu
tapi bukankah kukawini kau
dengan maskawin batangan kilat ngilu

beberapa hari setelah itu
kutebus dengan darahku

mungkin kini hanya sunyi
maka buanglah rahimku


yang sekarat minta susu
biarkan saja, barangkali
rintihannya akan bermimpi tentang bayi.


nyanyian laut

pada kail yang sama
kau mancing butiran pasir apel
berumpan mata pisau
kitapun tenggelam dalam ombak
keringat dada deburan antara foto hitam putih

nelayan yang pulang sore ini
adalah pemburu lanskap
itu sebabnya kita harus tetap terjaga

kakang,
maafkan aku selalu
terbakar serapah matahari. masa lalu
telah kutelan lautanmu terkait rembulan

tapi rembulan selalu datang melintasi malam
itu sebabnya kubuang jangkarku
berharap insang rahimku akan membunuhmu
hingga hanya tinggal jejak kakimu

ah...barangkali kau tak
seharusnya bertemu dengan pantaiku.

organ tubuh :D

sebuah tempat persinggahan yang selalu saja memberikan pengalaman aneh, terlepas apakah luar biasa ato bukan,yang jelas aneh. barangkali sesuai dengan diriku yanga aneh. setahun yang lalu aku singgah ke sana, dalam perjalanan yang panjang bahkan sempat aku merasa berada di negeri antah berantah, karena aku memang tak tau di mana aku saat itu. " i got lost !in the middle of no where !" aku sempat bertemu dengan seorang penari, barangkali dia bukan penari. tapi jari-jemarinya sangat lentik. ia sering menggerakkan jemarinya kesana-kemari. bahkan ia beberapa kali memamerkannya padaku. menunjukkannya di depanku sampe memegang tanganku. barangkali dia ingin membandingkan dengan jemariku. yah....karena aku juga suka menari meskipun bukan penari...kurasa aku juga mempunyai jemari yang lumayan lentik. dan ketika dia mencoba menggegam tanganku dengan sangat erat dan memaksa, kuremas jemarinya sampai terdengar suara kemletuk..barangkali jarinya patah. karena tiba-tiba ia menarik tangannya dari jemariku dan berhenti menari. melihat ia bereaksi demikian rupanya aku tersenyum "rasakan !".
Eye_1
itu kisahku taun lalu ketika aku singgah di tempat persinggahan yang aneh itu. tahun ini aku juga kesana. tepat pada bulan yang sama. tiba-tiba saja kuputuskan untuk singgah ke sana. ada manusia setengah batu pintar ngomong yang membuatku ingin pergi kesana. tapi memang bukan itu saja sih....seorang pendeta yang merupakan kawan lama sungguh membuatku tak tahan ingin mencumbunya. tapi pengalaman aneh bukan terdapat pada pendeta itu. tapi lebih pada manusia setengah batu itu. ia begitu pandai merangkai kata. ia bahkan sempat membiusku dengan gaya bahasa dan logat yang mengingatkanku akan nabi.
hahahaha.....aku memang sempat bersetubuh dengan sejarahnya. sejarah asal mula manusia setengah batu. tapi tetap saja batu adalah batu. persetubuhan kami yang singkat itu ternyata cukup keras dan menyakitkan. dasar batu !
merasa bosan dan kehilangan arah tinggal dalam dunia batu. akupun melarikan diri pada seorang laki-laki yang mengaku dirinya adalah matahari. sebenarnya laki-laki ini sudah cukup kukenal dan mengenalku. tapi ada beberapa alasan sehingga membuat kami lebih baik tidak saling mengenal. bukan apa-apa sih cuman ketertarikan kami pada kaki, tangan, kepala, wajah, badan, rambut, payudara, penis, vagina, klitoris, puting, buah zakar membuat kami memang seharusnya tidak saling mengenal.
ehm...tapi toh akhirnya aku tertidur juga. meskipun awalnya sempat tercium bau amis. pada malam berikutnya ketika aku mulai kehilangan rasa tolakku akan bau amis, aku membuat kesepakatan yang sebenarnya tidak aku inginkan. kalo aku mau menamainya maka akan kunamai "kesepakatan laut" karena kesepakatan itu sungguh amis sekali, seperti laut dengan ribuan ikan di dalamnya. tapi aku juga tak menampik bahwa aku memang suka makanan laut. meskipun bisa membuat tubuhku berbau amis pula.
setelah setengah kesepakatan itu dijalankan, aku akhirnya memilih untuk bertemu dengan pendeta itu, tak henti-hentinya aku memandangnya. mengukur seberapa besar matanya, hidungnya, bibirnya dan memang aku masih ingat semua. dia memang luar biasa. seorang pendeta yang sangat trendy. yang selalu bisa membuatku merasa so in fashion pula. i miss u mo....

sebentar aku merasa tubuhku amis.....ehm...aku akan mandi dulu.

Thursday, March 23, 2006

KEMBALI MEMBACA


akhir- akhir ini aku mulai membaca buku lagi. meskipun bukan buku-buku berat yang berbau teori dan teori. milan kundera dengan "kitab lupa dan gelak tawa", buku dari seorang perempuan dalam kehidupan santo agustinus (hehehe...buku ini tentang perempuan pintar yang sedang marah-marah), dan yang terakhir adalah sebuah naskah pementasan dari george bernard shaw "man and superman" atau dalam bahasa indonesianya "manusia adi manusia". hampir semua buku itu adalah buku-buku yang sudah kubeli cukup lama sekitar 1,5 atau 2 tahun yang lalu tapi aku masih malas membacanya.
ternyata membaca buku merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan. buku yang saat ini sedang kubaca yaitu man and superman milik bernard shaw sungguh menarik, sebuah naskah pementasan komedi dan filsafat. asli lucu pool. ada banyak opini tentang perempuan yang berlawanan dengan apa yang sudah sering kita dengar. selama ini opini tentang perempuan selalu meletakkan pada perempuan sebagai manusia yang tertindas. yang tidak bisa berpikir picik, dan cerdas. yang jelas opini tentang perempuan dalam buku itu, hampir sama dengan opiniku. perempuan tidak harus seperti laki-laki kalo ngomong keseteraan dan sebagainya. jadi ingat pepatah " tempat yang paling berbahaya adalah tempat yang paling aman" nah hampir sama dengan opiniku tentang bagaimana seharusnya perempuan. kalo ada orang yang seperti kebakaran jenggot menanggapi pendapat " woman is the second sex" aku malah memilih tidak mengambil pusing segala istilah itu. membiarkan opini bahwa perempuan adalah makhluk lemah, adalah sebuah strategi bagus untuk menjerat musuh. tentu saja yang aku maksut dengan musuh di sini adalah laki-laki.
jadi teringat pula dengan sebuah kalimat yang diucapkan oleh seorang roy marten ketika dia ditangkap karena kasus narkoba, dalam tayangan sebuah infoteinment yang semakin semarak saja. " tidak ada dalang dalam kasus penangkapan saya, ini semua hasil kerja bagus dari pihak kepolisian dan saya sebagai laki-laki akan bertanggungjawab atas apa yang memang sudah saya perbuat." hehehe...asli aku tersenyum ketika melihat tayangan dan terutama kalimat itu. komentarku sih...."asyik.....tanggungjawab dipihak laki-laki. jadi kalo seandainya ada apa-apa dengan perempuan. atau perempuan melakukan kesalahan...ya ...maaf...kami memang tidak didik untuk bertanggungjawab :D....masuk khan?! hehehe..."
bukannya aku pro feminis or kontra or apa kek tapi yang jelas aku mencoba mengambil sela dari setiap konsep sosial dari seorang perempuan.

kembali pada buku " man n superman" : bisakah membayangkan seorang laki-laki yang lari terbirit-birit karena ada seorang perempuan yang jatuh cinta dan mengejarnya agar dinikahi? padahal laki-laki itu sebenarnya juga mencintai perempuan itu. seorang pemikir radikal john tanner keturunan don juan seorang perayu ulung, lari karena karena takut pada perempuan dan belenggu yang akan diterimanya ketika hidup bersama perempuan. ketika ia tau seorang ann whitefield bangsawan yang cantik, pintar dan licik sedang berusaha mengejarnya maka ia pun melarikan diri menuju spayol di tengah perrjalanan ia akhirnya bertemu dengan seorang geromban perampok yang dikepalai oleh mendoza. akhirnya dia terhenti perjalanannya. tak disangka ann whitefield mengejarnya. akhirnya dengan segala keterpaksaan iapun menyepakati untuk menikahi ann whitefield....sungguh mereka adalah pasangan yang cocok.

Wednesday, March 22, 2006




BULE MASUK IGLOO


berdasarkan saran dari beberapa teman. yah akhirnya kuputuskan untuk membuat blog ini. asline seh...sudah beberapa kali mencoba. tapi dasar aku yang gaptek mungkin, ga berhasil terus...
blogs ini ternyata lebih susah dari yang kubayangkan. ngomong-ngomong soal gaptek jadi inget seorang bule yang datang ke igloo beberapa minggu yang lalu. ketika bule itu nyampe pintu, aku yang saat itu ada di server sudah mempersiapkan tenaga dalam maupun luar untuk berbahasa inggris. eh lah dalah....si bule itu ketika nyampe di server malah ngomong " permisi mbak, mau pake internet....ada yang kosong?" yah.....habis sudah....habis sudah tenaga yang kuhimpun, keluar dari sela-sela napasku dan terbuang percuma. udah gitu ketika si bule ngenet...lah kok ya...masih pinteran aku dari pada dia. di tengah-tengah pe-ngenetan dia, tiba-tiba aku mendengar suaranya " mbak, eee........bagaimana cara menyimpan file ini? maaf....saya gaptek." (jangan lupa logatnya masih kebule-bulean) hah....bule ini kenal juga dengan istilah gaptek....waduh sangar. ya...akhirnya aku membantu dialah....apart of my job gitu loh..:) lagian lumayan bisa lebih pinter dari bule. ketika dia membayar, aku bertanya padanya berapa lama sudah berada di indonesia, dia bilang sudah 2 tahun. dua tahun dengan bahasa indonesia yang sebagus itu dan juga mengetahui istilah gaptek segala. wah hebat. tapi kekagumanku itu ga aku pendam dalam hati saja kok. aku juga mengatakannya seperti ini," wah hebat 2 tahun sudah fasih basa indonesianya." dia bilang, " ah...ga juga" (aksen jangan ketinggalan). ternyata bule itu dari inggris. kira-kira kapan ya...bule itu masuk igloo lagi? lumayan ganteng soalnya :D
ya..karena ini tulisan yang pertama dari pada ga ada sama sekali tulisane blogku, jadi yang ringan-ringan saja.
akan berjumpa lagi pasti.