Friday, August 04, 2006

Cinta Mengejarku
sebuah sajak Rumi

Semalam aku mabuk tergila-gila,
cinta mengejarku dan berseru:
"Aku datang padamu, jangan bersorak,
jangan basahi baju dengan air mata,
dan jangan lagi bicara."

O, cinta!" kataku: Aku takutkan lainnya."

"Tak ada yang lain," katanya: "jangan bicara lagi.
Akan kubisikkan kata-kata tersembunyi ke telingamu;
Mengangguklah setuju! Dalam rahasia, jangan lagi bicara!"


Jiwa yang Tercekau

Sajak Pablo Neruda



Kita tersesat bahkan di senja ini.
Tak ada yang tahu: malam kita berpegangan,
sementara dunia dikepung warna biru.

Ada nampak lewat jendelaku
Semarak matahari jatuh di puncak gunung jauh.

Sesekali tampak sepotong cahaya
terbakar seperti keping di genggaman.

Aku terkenang engkau, hati tercekau
dalam duka itu, dukaku itu, engkau tahu.

Lalu engkau, dimanakah?
Lalu di sana itu, siapakah?
Lalu yang disebutnya, apakah?
Kenapa saat segenap cinta tiba tiba-tiba
saat itu duka meraja dan kurasa engkau jauh disana?

Buku tersia senantiasa tak terbuka saat senja tiba
dan sweater biruku teronggok: simpuh anjing luka.

Selalu, selalu saja engkau menyusut melintasi malam
melewati senja, gelap yang menelan patung-patung.

Thursday, June 01, 2006

did i care?
ada banyak yang terjadi akhir2 ini. jogja yang kata temen2ku kota impianku terkena gempa. cukup dasyat sampe memakan korban jiwa lebih dari 5000 orang. sebenarnya pada saat aku mendengar jogja gempa, aku yang ga segitunya peduli dengan teman2ku yang disana. coz i'm so sure dat they ok (yakin gitu aja). seperti juga yang terjadi di trenggalek sebelumnya, bencana longsor dan banjir hampir menenggelamkan seluruh kota trenggalek. sebenarnya menjadi kuatir, lebih pada sebuah tanggungjawab dari seseorang. maksutku disini adalah i dont realy care if him (d man dat i luv in trenggalek is dead) why? dunno. maybe aku memang bukan orang yang bener2 pernah mengikatkan diri pada seseorang dengan segitunya. maybe bener aku bilang aku mencintai laki-laki ini, trus mungkin aku juga pernah bilang bahwa aku suka, aku sayang dengan orang ini. aku peduli dengan seseorang. the truth is if i'm looking inside me again. aku ga segitunya mencintai seseorang. obses mungkin, but untuk mencintai dengan ideal (definisinya ada di otakku)...well i just dunno. aku belom pernah yang merasa bahwa this is it...i will do anything for her/him. sebenarnya apa sih rasa peduli itu? karena diotakku rasa itu tak lebih dari rasa yang mengharuskan kita untuk bersikap sewajarnya. bahwa sewajarnya jika kita melihat orang sakit kita ikut bersedih, bahwa sewajarnya jika kau mengucap "mencintaiku" maka aku akan bilang terima kasih or "aku juga mencintaimu" supaya kita ta menyakiti perasaannya. bahwa sewajarnya kita tidak menyakiti hati orang lain. yah...itu makna kosa kata peduli.
dulu banget aku pernah bilang pada beberapa orang bahwa aku akan memberikan nyawaku pada mreka sebagai tanda bahwa aku mencintainya. yah...karena saat itu aku berpikir bahwa nyawaku tidak ada artinya. aku bahkan ingin mati saat itu.
btw...aku cuman ingin cerita bahwa akhir2 ini banyak yang telah terjadi. salah satunya ya itu tadi jogja gempa. ada beberapa temanku disana, dan aku sudah memenuhi kewajibanku yaitu mencari kabar bahwa mereka baik2 saja. kemudian atas nama kemanusiaan aku juga menyumbangkan sesuatu (ah...aku mulai membenci diriku). barangkali bener kata primbon (yang membahas tentang wuku-ku)yaitu jika aku ta melakukan kejahatan sekali saja dalam sehari maka aku akan tertimpa sial (hahahaha..)
kejadian lain adalah aku keluar dari igloo. meninggalkan beberapa temen disana yang notabene sepertinya aku yang mengajak mereka masuk kesana. i'm sure mereka baik2 saja. effect yang paling nyata sih..bahwa aku ga iso ngenet sakarepku maneh.
yah sepertinya itu dulu yang bisa aku critakan..aku terlalu kehilangan konsentrasi untuk menulis terus (Seperti biasanya).
ok c u soon

Saturday, May 20, 2006

dasar perempuan binal !

yah mumpung sedang nulis blog ya...
saat ini lebih banyak ingin curhat. seperti yang aku ketahui dan banyak orang ketahui aku adalah seorang perempuan. aku hidup sekarang ini dengan komunitasku yang sulit kulepaskan. yaitu komunitas kampus...masih sering berkeliaran di sekitar kampus, bekerja di sekitar kampusku pula, teman-teman yang sama dari jaman masih kuliah...ah sebut saja "kampus syndrom". jujur barangkali aku bukan tipe orang gaul. aku ga suka ke mall (ini alasannya psikologis banget), aku ga suka clubbing (kalo ini alasannya duit banget), aku ga fashionable (duit jg). aku lebih suka nyangkruk bersama-sama beberapa teman di warung kopi, lesehan di trotoar, mengobrol tentang apa saja.
awal mula aku mengidap penyakit cangkruk itu adalah ketika aku bertemu dengan seorang laki-laki yang kemudian aku mencintainya selama 7 tahun. meskipun kemudian dia sudah menikah dan punya anak. eh..aku bisa ngomong begini karena keliatannya sekarang bisa ditertawakan. yah...nyangkruk di warung kopi bersama kawan-kawan teater. saat itu aku belom mengenal jauh tentang mereka sampai suatu saat, they makes fun of me. ah sudahlah untuk kejahatan yang mereka lakukan padaku, aku males membahasnya....biar aku sendiri saja yang masih merencanakan balas dendamku.
tapi anehnya komunitas itu mewariskan frame pemikiran tentang perempuan kepada anak turunnya. hah...menjengkelkan. asyik sih...karena aku sekarang lebih banyak ga peduli..eh salah..kalo mereka ingin nge-jaj aku malah ta buat-buat. hopely they get wat they want. akhir-akhir ini misalnya ternyata mereka dan anak cucunya masih juga mengamatiku jika aku keluar dengan laki-laki mana. for god sick, seharusnya mereka itu paham koncoku iku lanang tok. seng wedok iku loh iso di itung. asssssuuu !...ok menarik nafas dulu...
hahahahaha... aku masih ga abis pikir, yah...yo wes lah..btw tentang kebinalanku, hehehe...sebenarnya ada yang lebih sangar lagi menyebutku...ada seorang mantan teman yang kemudian menjadi musuhku...memfitnahku dengan menggosipkan aku pernah tidur dengan banyak laki-laki. hahahaha...awal sih marah banget ketika mendengarnya, kemudian akhirnya aku berpikir...asyik...hebat nih aku pernah tidur dengan banyak orang with nothing to lose. sip, hebatkan?! yah..itulah crita tentang isu kebinalanku. ah sudah lah...aku mo pulang.
first time of wat?

.....semalam diantara bibirnya dan bibirku. muncul sesosok bayangan.....
aku selalu sedih dan muak dengan gairah masa lalu.
aku selalu setia padamu cynara! dengan caraku sendiri

Friday, May 19, 2006

rossie

silahkan panggil aku rosie atau ros saja. dan aku seorang perempuan. ah..kini aku berada di sebuah kota kecil penuh dengan rak-rak buku. entah kenapa aku sampai disini, nenek mengantarku sampai ke kota ini untuk sebuah proses dalam hidupku. ketika aku menginjakkan kaki di gerbang kota ini, ia langsung saja meninggalkanku.
baru semalam aku berada disini, tapi mayat-mayat hidup di setiap ujung gang kota ini bilang, bahwa aku telah berada disin sejak pohon jambu di depan rumahku tumbang. itu berarti sejak aku dilahirkan?! aku tak mempercayai mereka. barangkali mereka tak tau tentang waktu karena mereka hanyalah mayat-mayat hidup. ya...kota ini dipenuhi oleh mayat-mayat hidup. semua rumah dalam kota ini selalu tertutup dengan kain besar, kain itu berwarna-warni. ada juga orang-orang bercadar yang menghuni kota ini, anehnya meskipun mereka bercadar..mereka telanjang tak peduli apakah itu perempuan, anak-anak atau laki-laki. aku sering bertanya sebenarnya mengapa mereka memakai cadar jika telanjang? jika itu untuk melindungi dari sinar matahari kenapa mereka telanjang, ya ampun .... kota ini bahkan tidak panas. apakah mereka mengidap semacam alergi terhadap debu. emm....barangkali memang demikian, tapi disini juga ta ada debu. ah...entahlah.
sepanjang siang ini aku berjalan-jalan menikmati pemandangan kota. setelah setengah jam berjalan ke arah tengah kota kudapati sebuah taman. taman ini cukup indah dan banyak mayat-mayat hidup itu berkumpul di tengah taman. mengelilingi sebuah pohon kamboja besar. mereka menjerit bersaut-sautan kemudian memasukkan daun kamboja kering kedalam dadanya, kemudian mereka menjerit-jerit lagi. sungguh suatu hal yang sulit kumengerti.
satu tahun sudah aku berada di kota ini dan aku mulai terbiasa menyukainya. aku mulai menyukai mayat-mayat itu, orang-orang bercadar tapi telanjang itu..dan tentu saja aku juga mulai menyukai taman kota ini dengan segala mysterinya. sekaligus rak buku yang selalu menarik perhatianku barangkali karena inilah nenekku mengirimku kemari...buku-buku itu. nenekku, beberapa hari ini aku teringat dengannya sejak sebuah poto hitam putih bergambar bunda dan pohon jambu tumbang mengetuk jendala kamarku. mengingatku akan masa lalu juga tentang awal mula perbedaan laki-laki dan perempuan.

Friday, May 05, 2006


kurindu nabi,

bagaimana kabarmu nabi? aku sungguh merindukanmu. sudah lama rasanya kita ta pernah bertemu, sejak kuberikan tumpukan rasaku berupa kitab yang aku bahkan tak percaya aku bisa membuatnya untukmu. masih kuingat dengan jelas bagaimana ku bilang padamu bagiamana aku mencintaimu. dan bagaimana kau hanya bilang "terima kasih" saat itu. barangkali kau satu-satunya orang yang mampu membuatku mengungkapkan rasaku tanpa malu, tanpa merasa kalah. ah.... aku rindu merokok denganmu. aku rindu minum kopi denganmu. aku rindu tatapan itu....tata bahasa itu. aku sungguh merindukanmu.
keisengan membujukku untuk menuliskan namaku di situs seach google. kutekan enter dan muncul sedikit berita telat jaman 2 tahun yang lalu. ketika kau masih menangani masalah pengungsian.

"Di area relokasi pengungsi di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara, Wawan Probo Sulistyo, seorang staf lapangan JRS Medan, memberi pelatihan berkala kepada anak-anak. "Mereka sungguh-sungguh menyukainya," katanya, "setiap kali saya datang ke kamp, mereka meminta saya untuk mengajari sesuatu. Dan, percaya atau tidak, mereka pun meminta saya untuk memberi PR. Sementara PR merupakan tugas yang tidak favorit bagi anak-anak maupun kaum muda di Indonesia, anak-anak korban konflik tersebut justru menyadari betapa pentingnya sekolah. Mereka pun tampak sangat ingin meneruskan hidup mereka dan melanjutkan upaya mewujudkan impian masa depan yang akan mereka raih suatu kali. Banyak hal yang tidak bisa dipercaya terjadi."


AKU MERINDUKANMU, SUNGGUH !! dan kau belom slesai membaptisku.....

Sunday, April 30, 2006


respect


"respect is absolutely essensial. in the sex that you have, treat your partner like a real person who, like you, has real feelings __feelings that matter as much as your own. you may or may not love__but you must always respect. you must respect the integrity of your partner's body. it is not yours for the taking. it belongs to someone real. and you do not get ownership of your partner's body just because you are having sex__or just because you have had sex". (John Stoltenberg)

Friday, April 14, 2006

aku ta sudi memberi judul

surat itu datang padaku. seperti anak kecil yang lugu...ia melompat-lompat kegirangan ketika kurangkul, hampir saja terlepas dari tanganku. surat itu begitu wangi, barangkali itu juga yang menarik perhatianku dan sungguh bukan karena warnanya yang bagus. aku melihatnya pertama kali ketika kami sedang bersama dengan bintang-bintang rak buku di sebuah trotoar malam. ia begitu pendiam tak seperti yang lain yang selalu mencolok seperti buku. ia hanyalah sebuah surat dengan beberapa lembar tulisan tinta warna merah seakan-akan melarangku untuk mendekatinya. toh akhirnya kudekati dia, kemudian menyapanya dengan sebuah bayangan ibu dalam genggamanku. ia langsung saja menerimanya...terpana dan mulai membauiku. tapi sungguh saat itu aku hanya ingin ingin menyapanya. tak ada maksud tertentu. setelah kejadian di trotoar itu aku menghilang begitu saja.

perjumpaan kembali muncul ketika ia memasuki sebuah gudang tempat sayap-sayapku berkumpul. gudang itu juga biasa kujadikan tempat peristirahatan dan tempat belajar mengenal arti sebuah senyuman masam. setelah aku tau ternyata dia berniat bergabung dengan sayap-sayapku di gudang itu. aku pun menyambutnya dengan sedikit senyum masam yang belum kumengerti. ia kemudian akrab dengan sayap-sayapku. yah akhirnya pun kami jadi lebih akrab dari sebelumnya, tapi masih belum bisa dikatakan akrab. emmm...sebenarnya aku tidak terlalu menyukainya saat itu. tapi sudah kebiasaan aku ta pernah bisa menolak sebuah tulisan yang ada didepanku. barangkali kesalahanku karena suka membaca catatan orang lain, sampai suatu ketika aku ta sengaja menghapalkan tulisan pada surat itu.

aku tak tau sejak kapan permusuhan itu dimulai, tapi aku memahami bahwa kita semua memang selalu ingin berperang bukan? begitu juga dengannya. setelah sebelumnya kami saling bercerita tentang ranjang dalam gudang dan juga ranjang-ranjang masa lalunya. bahkan kami sering sarapan pagi bareng. tiba-tiba dia muncul hari itu sambil mengencingi sudut-sudut ranjangnya, ketika aku bahkan tak ada niatan untuk menidurinya. malam-malBluered_hair_1am setelah itu, kami sibuk dengan obrolan tentang dada " ini dadaku, mana dadamu?!" katanya. agh...barangkali aku yang selalu lupa kutaruh mana dadaku, itu sebabnya aku tak pernah menunjukkan dadaku. dan ya aku memang kalah, mari kita mengenangnya sebagai malam tanpa gairah. baru berapa hari yang lalu akhirnya aku bertemu dengannya. ehm...kurasa dia keliatan lebih kurus. beberapa kalimat dengan tinta merah yang seakan-akan melarangku untuk mendekatinya hilang. berganti dengan warna yang aku bahkan tak tau bagaimana mendeskripsikannya. kukira dia cukup ramah. barangkali aku menikmatinya dengan berlebih tapi itu bukan berarti perang sudah kehilangan maknanya. ah sudahlah...aku sudah kehabisan pasir sebagai penunjuk waktu. aku harus pulang.

April 12, 2006 |


mantenan

seorang teman menikah kemarin... sebuah undangan te lah kuterima kira-kira beberapa minggu yang lalu, setibanya aku dari jogja. masih bersyukur karena dia masih mengundangku, berarti khan dia masih menganggapku temannya (ga tau lagi kalo yang diundang adalah orang-orang yang dibenci dan dimusuhinya...mungkin ga sih kaya' gitu?). well pokoke acara itu kudatangi dengan berbagai macam kerepotan, antara lain pengaturan jadwal, pengaturan harus bawa apa kesana (duit ato barang). akhirnya bujukrayu dengan agak memaksa kulontarkan pada seorang teman agar menggantikan pekerjaanku. aku datang ke pesta itu, pake pakaian yang awalnya kukira cukup bagus alias masih baru, anting-anting panjang, celana jeans hitam (i luv celana jeans), juga sepatu sendal 7cm, makeup cukup, rambut pendek terurai, wangi....sangat cukup. perfect ! bertemu dengan teman-teman, sepakat berangkat bareng. damn ! baju yang kukira lumayan itu, ternyata juga lumayan menarik perhatian. karena baju itu berlengan pendek hampir tidak berlengan, bisa disebut dengan istilah "u can see my ketiak" sedang hampir semua perempuan disana berkebaya or berjilbab. hahaha...dasar anik,..ya..nyante aja lah. lah wong aku berangkat itu dengan kepercayaan bahwa "aku cantik" jelas tak mau tergoyahkan. aku memang cantik !
pertama kali memasuki gerbang dan memasuki pagar2. pagar pertama adalah barisan laki-laki dengan blangkon, barisan yang kedua adalah barisan perempuan pake kebaya dan berjilbab. mereka semua serba merah. pagar itu melihatku dengan seksama, dan sepertinya juga rasa tertarik...karena tentu saja aku dengan kostumku yang jadi perhatian. fiuh..! barangkali mereka berpikir aku perempuan binal teman dari mempelai yang mana nih..hahahaha aku masih melenggang dengan percaya diri yang berlebih. ga ngurus! tuing....aku terpana ketika kulihat sahabatku berdiri didepan bersanding seorang perempuan yang kukenal. dia tertawa padaku, teringat aku pada janjinya untuk ketemu kemarin siang sebelum dia jadi manten. dia tidak memenuhi janji itu. aku ikut dalam barisan panjang yang mengantri untuk memberikan ucapan slamat atas apa tahapan yang sedang ditempuhnya. aku menyalaminya juga, bukan karena aku memahami tahapan yang sedang dijalani, ato alasan dari ia memilih untuk mencapai tahapan itu. tapi aku menyalaminya karena ia tampak bahagia dan aku tau tahapan ini benar2 ada diotaknya selama beberapa bulan terakhir.
aku kemudian bergabung dengan teman-teman yang datang lebih dulu. menghambur mencari minuman, karena aku tak tertarik untuk makan. seorang teman yang berangkat bareng aku, kutemukan sudah makan untuk yang kedua kalinya. barangkali dia tak mau rugi atas uang/barang yang dikeluarkannya atas pernikahan ini (hahahaha...semoga dia baca blog ini). bertemu kawan-kawan lama (alias wong2 tuek) ngobrol sambil berdiri, tertawa, gojlok2an. akhirnya disepakati aku harus cari tempat duduk dengan cepat ato aku harus cepat pulang. kakiku pegel, karena ta biasa pake sepatu sendal dengan ber"hak" lumayan tinggi. aku mimiLIh pulang dengan cepat. jadi langsung aja kuminta pada sang pengantin untuk masuki acara berikutnya bagiku yaitu "photo2an". kuseret beberapa teman untuk photo bareng denganku. aku sukses, beberapa temen photo barengku. setelah photo2an maka acara berikutnya adalah berebut untuk nyolong kembang melati yang ada pada pengantin. terutama penganten pria, yah...aku ga pake brebut untuk nyolong, lah wong aku langsung diberi oleh pengantin pria, melalui tangan kanannya sambil berkata "ta ke'i koen. aku yakin koen ga mungkin berkehendak apalagi menyelewengkan maknanya." hahahahaha...syetan! itu tidak adil, ritual itu baru akan manjur kalo aku nyolong, bukan dikasih...dan kata-kata itu...hahahaha, dobol ! tapi toh aku menerima pemberian sahabatku itu. setelah photo2an aku pergi juga, kembali ke temanku yang sudah menggantikan pekerjaanku untuk sementara. malam masih juga gerimis, kuambil hp-ku, menulis beberapa kata "bener khan omonganku. rabi2 koen ambe' iin iku. pokoke selamat menghadapi masalah. seng ati2." kutekan send, tertuju untuk sahabatku yang sedang berbahagia. pesanku "SELALU WASPADA KAWAN!"

ziarah

Martiros_1650_1sebuah pertemuan antara aku dan seorang teman terjadi di dunia baru yang menakutkan. ah aku bahkan ta tau dia seorang teman atau bukan, karna begitu seringnya aku menaruh curiga pada setiap apapun yang dilakukannya dengan mengatas namakan kecerdasan,rasa ingin tau dan tentu saja dewa dari semua itu, kerinduan.kukira ia juga bersikap sepertiku. tapi biar saja kali ini dia menjadi temanku, meskipun itu teman untuk belajar memaki diri sendiri.
yah dia temanku, suatu malam yang entah aku datang dengan memasung tanganku. dia sendiri saat itu, dalam ruangan yang bahkan aku tak tau itu ruangan apa. sebuah kotak dengan banyak lampu sehingga menimbulkan efek seperti siang. mmm...ternyata itu yang memang ia inginkan. ia ingin membawa matahari selalu dalam kehidupannya. aku melihatnya sedang asyik dengan kepalanya. di cukurnya kepala itu, dicuci, kemudian dibedaki. aneh...bagaimana seseorang bisa asyik dengan kepala mereka sampai ta menyadari orang lain berada disekitarnya. demi tuhan aku bahkan menari di depannya.
" apa yang kau lakukan? ta sadarkah kau bahwa aku sudah disini sejak tadi? dengan tangan kupasung dan aku bersimbah darah. darahku...dan aku hampir mati karenanya.. sedang kau bagaimana kau begitu asyik dengan kepalamu. bukankah kepala itu akan tetap seperti meskipun ia kau bakar sekalipun?" tanyaku dengan sangat kesal karena ta dipedulikannya
"seorang perempuan memasung tangan sendiri, bersimbah darah sendiri, menari di tengah malam.....apa yang kau cari?" jawabnya masih juga asyik dengan kepalanya.
kontan saja aku berhenti menari, kucabut paku dari kayu yang memasungku. aku jingkrak-jingkrak di depannya. tak sabar karena dia juga masih asyik dengan kepalanya akhirnya kurebut kepalanya dan kubuang ke tempat sampah. kepala itu menatapku, matanya nanar...kurasa ia ingin menangis waktu itu.tapi toh aku masih saja berdarah.
" tuan, aku adalah malam. kubagikan gelap kemana-mana. dan kutawarkan pada setiap anjing yang melolong sebagai campuran teh mereka. sambil berdo'a tentang hilangnya surga diawal oktober ..."
dalam tempat sampah, ia hanya berkata," ketika peziarah merengkuh gelap. ia telah mengerti arah dan matahari. ia adalah penguasa waktu."
apa maksutnya, apakah aku ta cukup seperti mayat untuknya? apakah ia tak tahu tak ada langit dikepalaku apalagi matahari atau apapun yang disebut waktu. aku hanya perempuan yang kehilangan surga dan rindu akan adanya kerinduan. dan tak ada jawaban atas nama kerinduan dimatanya. kukemasi diri sendiri dalam diam aku mencaci," aku sampai entah dimana....berputar-putar dalam labirin. perziarahan ini telah jadi kubur untukku."

April 02, 2006

puisi yang panjang

ada banyak cara untuk menulis ato ditulis. dalam sebuah dunia kabutpun, aku peroleh iramanya. dengarkan suaranya...

x: r u ther?
y: sudah selesai kerjaanmu?
x: sudah....
x: tapi aku ga bisa lama
y: lega rasanya, tau kau aktif lagi
y: lhah?!
y: knp bgitu?
x: ya...karena router akan dimatikan
y: ada janjian?
x: jadi ga bisa buat ngenet
y: oh
y: brp menit?
x: belom tau...
y: lalu kau mau berangkat tidur?
x: lebih baik kita maanfaatkan waktu yg ada
y: ok
x: aku sungguh ingin mendengar suaramu
y: knp to?
x: sudah lah...
x: kita ngobrol yg lain saja...
y: so, kau mau off skrg?
x: belom..
x: aku masih ingin ngobrol dg mu
y: kau ada tawaran apa yg menarik dibicarakan?
x: tidak...
x: kau?
y: eh blh tny sesuatu?
x: ya?
y: knp kau tulis di profil FSmu, kau sdh menikah
x: hahahaha.....
y: kau memang pernah menikah?
x: tidak...itu hanya iseng saja...
x: sebenarnya lebih pada aku ingin mengetahui komentar
temen2
y: koe seneng sajake iseng yo?
y: teman2mu?
y: knp bgitu?
x: aku menikmati ketika temen melontarkan kata2 tidak
percaya...intinya aku suka iseng...
x: bukan bermaksut serius sih..
y: (si)apa sj yg suka kau isengi?
x: kebanyakn semua temanku...
x: pernah kuisengi
x: apakah kau ingin kuisengi?
x: :D
y: laki2? perempuan?
x: kebanyakan laki2
x: kalo perempuan aku lebih suka menggoda mereka
y: wah..wah...wah menarik jg
y: bgm cara kau mngisengi laki2?
x: aku tidak ingat....
x: terlalu banyak mungkin...
y: hahaha
x: aku org yng lumayan ngawur
x: :D
y: maksudmu ngawur?
x: kurang peduli dengan etika sosial kali...
x: :D
x: seperti.......aku punya banyak temen co...aku biasa dolan
ke kost2an mereka....
x: suatu hari ada seorang perempuan ce dari salah seorang
temenku..datang ke kosan itu dan stay sampai jam 8 malam tapi sama ibu
kosannya di sindir...disuruh pulang
x: jam 8 malam.....sedang aku beberapa kali datang ke kosan
itu jam 10 lewat...
x: dan ta pernah kena sindir.....
x: r u ther?Eric2
y: kau sdg apa?
x: sori...
x: router diretart
y: knp?
x: restart
x: jadi ilang...
y: ada byk obrolan yg hrs kau tanggapi?
x: ga...
x: aku dari tadi ngobrol dgnmu
x: ternyata routernya di restart.....
x: jadi off...
x: kmu masih ada
x: ?
y: ros, kau berjilbab?
x: tidak
x: knp?
y: msh
y: takEric1 hny tanya sj
x: kau lebih suka aku berjilbab?
y: tidak
y: mungkin malah lebih suka jika...,
y: ah tidak
x: apa?
y: ga
y: cuma mau iseng sj
x: kau lebih suka aku jika apa?
y: jika bertemu dan bisa ngobrol
y: merokok, mungkin minum
x: aku suka itu...
y: smp tak bisa ngapa-ngapain
x: aku kalo mabuk kata temen2ku aku suka ngomel
x: :D
x: dulu lebih banyak ngomel soal tuhan
x: tidak tau sekarang
y: wah terlihat aslinya ya?!
y: kalu aku, kata teman jadi lebih pendiam
y: lbh2 jika yg dipakai ganja
x: hahahaha....bisa dibilang aku jarang menggunakan cimenk
x: hanya 2 kali mungkin
x: yang pertama siang hari...karena ingin mencoba...
y: aku sendri tak sering
x: yang kedua karena suasana malam yng indah...
x: sambil terlentang dilapangan dan melihat bulan purnama
y: indah spt apa?
y: ohya?
x: barangkali kita perlu mencobanya...
x: :D
y: dg siapa?
x: dengan temanku
y: agak sulit cari ganja skrg
x: ya...
y: bbrp teman, hampir semua tertangkap
x: temanku yg biasa bawa sudah tidak pernah lagi
x: hahaha...
y: krn kau sdh jarang bertemu dia lagi?
y: sjk setahun lalu?
y: hahhaha
x: bukan
y: aku hny menggoda
x: apakah yg kau maksutkan "my only love"?
y: iya
y: wah sangar tenan penyebutanmu?
y: lantas yg lain kau anggap (si)apa; dan mungkin yg bakal
menjelang?
x: hahahaha......... bukan....aku biasa menyebutnya
kakang(setidaknya dalam setiap puisiku)
y: knp bisa begitu?
x: aku menggunakan istilah itu karena kau pasti langsung
paham
x: barangkali karena rasanya nyaman...
x: tak lebih dari itu
y: tak tergantikan ya?!
x: belom...
x: aku masih berharap suatu hari akan terganti..
y: wah agak susah bagi yg mjd love-mu berikutnya nanti
x: barangkali tidak
y: knp bgitu?
x: tapi bukankah mencintai seseorang itu masing2 punya rasa
yg berbeda?
y: bisa jadi
x: barangkali dg kakangku aku merasakan untuk yg pertama
kalinya
x: jadi tak mudah dilupakan
y: apakah seperti mengulum (rasa) permen yg berbeda?!
y: first time u/ apa?
x: jatuh cinta
y: kalu mnurutmu, spt apa jatuh cinta?!
x: seperti istilahnya "jatuh" cinta
x: jadi sakit
x: :D
y: spt (si)apa?
y: duh sumeh mbak'e ini
x: aku tak bisa menjelaskannya
x: barangkali aku hanya bisa merasa
y: mmmm....
x: adakah org yg dekat denganmu saat ini?
x: berkaitan dg urusan personal
x: dan feeling
y: knp/
y: KNP?
x: aku sudah menjelaskan tentang kakangku sedemikian rupa...
x: apakah aku salah jika aku juga ingin mendengar kasus yng
sama dari mu?
y: ttg apa?
x: apa yg bisa kau jelaskan?
y: kasus jatuh cinta?
x: boleh..
y: atau dijatuhi cinta?
x: 5 menit lagi barangkali aku off
y: hei aku bs tny?
x: kau tidak menjawab pertanyaanku
y: kira-kira jika kita bisa bertemu, apa yg bakal bisa dan
kau-aku mau lakukan?
y: aku sebtulnya, tak percaya pada anggapan ttg cinta, dst
y: bs jadi aku pernah alami
y: hny itu seperti lintasan kilat; bahkan bergurat pun tidak
y: bisa temukan guratan kilat?
x: :D
x: eh....kalo aku menyodorkan alamat blogsku
x: sudikah kau membacanya?
y: knp?
y: ttg kisah dirimu?
x: http://taekucieng.blogs.friendster.com
x: ya...
y: knp kau tak ceritakan sendiri?
y: untung ya, kita tak tinggal satu kota
x: kenapa?
y: jika satu kota, mungkin aku sudah menculikmu dan mengajakmu
ngbrol semalaman
x: bagaimana kalo aku besok ke kotamu?
x: apakah kau bisa menemuiku?
y: bsk kapan?
y: bsk kpn?
x: senin pagi ini..........
y: berarti kau sampai kotaku senin sore?
x: ah.....tentu saja aku ta bisa...
x: maaf...
y: knp kau memilih besok?
y: tuh kan...
x: kakangku katanya akan kekotaku
x: aku sudah membuatkan datang hari ini..
y: ah
y: apa yg bakal kalian adakan?
x: paling juga ngobrol
y: apakah kakangmu bkn org kotamu?
x: bukan
x: dia org kota tua
x: istri dan anak lanangnya ada dikota kreta
y: orang mana dia?
y: lhah?! kapan ia bertemu istri-anaknya
x: kota tua.....masih dijatim
y: apakah jg seperti saat menemuimu?
x: barangkali setiap sabtu sampai minggu
y: ya, aku tau
y: tp itu ckp jauyh dari kota kreta
x: tidak....
x: aku belom pernah bertemu dgnnya sejak 1 tahun yg lalu
y: wah kurasa bakal seru perjumpaanmu
y: slmt berjumpa,
y: selamat bersenang2
x: bersenang2.....
x: aku sedikit ragu dengan kata2 itu
y: apa yg kau tangkap dari kata itu?
y: kurasa, ada sekian alasan u/ bersenang2 rayakan perjumpaan
x: ngobrol dengan dia dan bertemu dengannya
x: bisa jadi akan menimbulkan rasa sakit...
y: lhah?!
x: jadi aku ragu akankan ada kata bersenang2
y: kok malah sakit to?
y: jika sakit, knp malah ingin bertemu? bknkh kau kmrn bilang,
sekarang bisa ditertawakan?!
x: ya bisa ditertawakan jika tak ketemu
x: kalo bertemu...aku ta bisa memastikan apa2
y: tertawa sj
x: tapi memang dia pernah menjadi teman ngobrol dan temen
iseng yg asyik
y: tersenyum2 jg
y: lama tak bertemu, adanya kerinduan
y: tuh kan
y: akui sj dan alami yg bakal terjadi
y: tak baik memepat apa yg dirasa, diinginkan; kata orang bisa
gampang stroke
x: oh ya?
y: kalau toh yg diinginkan bersenang2, ya bersenang2lah
x: apakah kau keberatan jika kita off?
y: knp spt tak percaya?
x: maksutku...aku harus tidur
y: jika kau mau off, silahkan
y: ya
y: istirahatlah
x: sebenarnya aku masih ingin ngobrol dgnmu
y: jika kau butuh istirahat
y: kurasa kau lebih butuh tidur
y: ketimbang ngobrol dgku
x: aku ta tau itu
y: toh bisa "tutuk" ngobrol jika kau bisa sampai di kotaku
y: knp tak tau?
x: aku tak tau aku lebih butuh tidur ato lebih butuh ngobrol
dgnmu
x: senang rasany bisa ngobrol dgnmu
y: lha bukankah kau sudah memilih mau tidur?
y: aku juga
y: meski seperti mirip tak orgasm
y: tapi tak apa jika kau mau off
y: kau sdh off?
x: kau membuatku merinding
y: bgm bisa?
x: tidak tau...ato barangkali karna di gedung ini aku
hanya sendiri...
x: bersama 25 komputer...
y: wah merinding pada (si)apa?
x: 15
x: hahahaha....
x: aku ta tau..
y: lho yg 10 kemana?
x: salah ketik
x: :D
y: lantas knp merinding?
y: sepi banget....
y: kau percaya setan?
y: sebangsa makhluk halus?
y: sayangnya aku tidak
y: aku memilih tidak terlibat pada dunia macam itu
x: hahahahaha.....
y: ku yakin yg bisa membuat merinding justru manusia yg bisa
menyentuh
y: dan tersentuh
x: aku setuju kalo soal itu
y: ohya?
y: kok kita seperti memiliki banyak jenis kemiripan kesukaan
to?
y: wah kau kutanyai terus, malah tak jadi tidur
y: tidur...tidurlah...
x: gpp
x: aku malah baru saja mengambil makanan
y: wah, makan apa?
y: ga takut gendut makan sebegini malam?
x: aku ta tau kamu suka apa tidak...
x: gendut?
x: badanku kurus sekali...
y: mie?
x: dan aku belom pernah mengalami kegemukan selama hidupku
y: pantas kau bilang pantatmu mulai berkerut.... rupanya
tambah kurus ya?!
x: jadi kurasa aku akan baik2 saja
x: hahahaha....
x: kau mengingatnya
y: aku jarang bisa lupa
y: kadang jarang bisa lupa itu tak mengenakkan juga
x: benar
x: seperti beberapa hal/peristiwa yang menurut kita lebih
baik dilupakan.....dan tak bisa
y: hei, kau bikin pengakuan ya?
y: :D
x: bukan.....aku yakin semua org pernah mengalaminya...
x: bukankah kau juga?
y: ya
y: eh ros, jika kita berhasil bertemu nanti, apa yg kira-kira
kau inginkan dari perjumpaan itu?
y: atau kau bayangkan?
y: yg kau bayangkan, maksudnya..
x: obrolan...
y: apa sj yg kira2 mau dan bisa diobrolkan?
x: apa saja
x: sedang kau. apa yg kau inginkan?
y: termasuk yg seru dan saru?
x: itu boleh juga
x: apa yg kau inginkan?
x: jika kita berjumpa?
y: tahukah kau, kau menggairahkan?!
y: obrolan
y: obrolan, yg tak terbitkan rasa bosan
y: rasa kantuk
x: menggairahkan?!
y: rasa jengah
x: seperti apa?
y: sebab, kurasa kita bisa kopi jika mengantuk
y: kau pernah membaui aroma tanah basah saat-saat awal hujan?
x: kurasa aku ta pernah mengamatinya
x: apakah itu menggairahkan?
y: kau ingat saat-saat pertama air jatuh di tubuhmu, saat kau
mandi pagi?
y: menyelip di antara ketiak, sela pantat, melewati dada dan
punggung?
y: kau pernah rasai gerak air di tubuhmu saat pagi hari
y: kurasa spt itu saat2 yg menggairahkan
y: saat sesuatu/situasi, seperti memantik kita menuju arah yg
entah
y: yg takk tertebak, tak terduga-duga
y: apa aku sdh jawab pertanyaanmu?
y: atau lebih asik makananmu?
y: kau makan mie atau makanan ringan?
x: barangkali......kau juga menggairahkan
y: cuma barangkali to?
x: ngobrol denganmu seperti membaca puisi panjang...
y: kau menyindir?
x: dengan segala estetikanya
x: dengan segala...rimanya
x: dengan setiap hentakan nafasnya...
x: kau bahkan mampu membuatku tercekat...
x: kagum....
x: menggairahkan
y: aku tak pernah berniat mencekikmu
y: jika toh, bisa menyentuhmu, kuyakin bukan mencengkik yg
kulakukan
y: bukan mencekik..
y: lantas apa yg membuatmu tercekat?
y: toh aku tak mengejutkanmu...
y: so, bernapaslah dg lega
y: aku tak berniat menyakitimu, tak membuatmu tak leluasa,
bahkan mencelakai
x: apakah kau pernah merasakan detak jantung keras....karena
kita bertemu seseorang yg kita suka?
y: so, santailah
x: apakah kau pernah merasakan tangis yg tak bisa keluar dan
hanya membuat kita diam...
y: sepertinya, yg pertama, pernah
x: sampai kita susah bernafas
y: yg kedua, saat aku jumpai ibuku, setelah 18 jam ia
meninggal
x: apakah kau pernah mendengar desahan org lain ketika kita
bercinta dengannya?
y: sayang, pasangan bercintaku dulu, tak pernah terdengar
mendesah
x: sayang...
y: saat kutanyai, knp ia tak mendesah
y: ia malah bilang, aku ingin denagr kau mendesah
y: lucu to?!
x: jika aku bercinta denganmu.....aku akan mendesah untukmu
y: ah, bgm jika aku betulan berhasrat bercinta denganmu?
x: kau kira aku tidak berhasrat bercinta denganmu?
x: bahkan saat ini....aku berhasrat bercinta denganmu
y: sejak saat pertama, aku bilang bergidik, kuyakin kau
menggairahkan, memantik hasrat yg entah, asing tapi serasa dekat...
y: ....kurasa, aku lebih dari sekedar berhasrat
y: kalau sj jarak kotamu-kotaku, sama seperti kota tetanggaku-kotaku, kau sudah kudatangi
y: kuhampiri kau dg sejumlah hasrat, gairah
x: ehmmm.........
y: yg tak semuanya, bisa kukenali
y: bisa apa sekarang, dg hasrat dan gairah itu?!
x: kau membuatku tambah merinding...
y: aku hny cemas, itu justru bikin kau nantinya, enggan bahkan
batalkan ke kotaku u/ dolan2, dan bisa jd bertemu denganku
x: rasanya tidak....
x: aku bener ingin bertemu denganmu...
y: smg hasrat dan gairah itu, tak bikin kekacauan, jika
nantinya kita bakal bertemu...
x: semoga.............
x: kurasa aku akan tidur sekarang...
y: dan smg kita bisa bertemu
y: aku jg ingin bertemu
y: bertemu kau
y: tidurlah, jika kau butuh tidur
y: kurasa aku sudah lebih dari orgasm
y: smg obrolan ini tak membuatmu kelelahan
x: tidak....
x: orgasm...
x: aku bahkn kurang memahami kata itu...
y: orgasm kurasa bkn semata soal yg persis dg ejakulasi;
keluarnya air mani dari penis spt yg dialami laki2
y: atau otot vagina yg menegang, tiba2 seolah menghentak tubuh
bagi permpuan
y: orgasm spt saat2 air hujan pertama menetes
y: debu yg tebal
y: seolah mendadak lenyap
y: kau tau kemana debu pergi?
y: kau tau bgm air lenyapkan debu?
y: kurasa mirip begitulah orgasm
x: barangkali menyatu dg air
x: jadi tidak benar2 lenyap
y: bisa jadi
y: bs jadi ia mengubah diri lewat kehadiran air
y: bukan lagi debu
y: tapi sesuatu yg entah, bisa tanah
y: bisa pula ... apa ya? oh, aroma yg semerbak
y: aroma yg persis muncul saat air basahi tanah
y: bs jadi
y: knp kau tak paham soal orgasm?
y: apa yg kau alami, salah satunya, lewat bercinta?
y: yg kau kenang sbg olahraga?
y: smg aku tak menunda tidurmu
y: tidurlah, jika yg kau inginkan tidur
x: bolehkan aku menlponmu?
y: kapan?
x: skr
y: jika skrg, aku meminta wkt 10 menit agar aku sampai di
rumah dulu
y: bisa 10menit?
x: tentu...
x: kenapa harus sampai dirumah?
y: itu ruang yg ckp membuatku nyaman
y: bisa mbuat nyaman, tepatnya
y: bisa to?
x: tentu
y: jika bs, aku off lalu
y: bermotor, kira2 7 menitan
y: ok
y: aku off
x: aku akan menunggumu...
y: ok 10 menit dr skrg

Monday, March 27, 2006


bapak
(untuk "ikan kecil" : semoga selalu ada senyum untukmu.")
maka akupun menghitung jarak sperma dan rahimmu

barangkali akan kudapati jejak sang jabang bayi
ingin kutandai setiap jejaknya,
agar suatu hari nanti dapat kumiliki

langit menamparku tak ada jejak untuk dicari
apalagi ditandai
hingga perih diri sendiri
akupun mulai menghitung mimpi

merangkainya menjadi angin dingin di mataku

"ya Allah...ya Bapa..."

tak ada amnesti ketika amputasi

seperti pandir, akupun masih tak mengerti

berlari bermimpi berlari dan
akhirnya
berhenti pada suatu pagi

"tapi aku juga seorang bapak, Bapa!"

"tak bisakah aku menjadi?!"

Saturday, March 25, 2006

huh! johnny......

Dalam sepekan ini aku melihat 2 film yang dibintangi oleh kakangmas Johnny. film-film ini sebenarnya belon pernah kudengar judulnya. seorang teman meminjamkan dvd-nya. yang pertama "the Brave", yang dibintangi dan di sutradarai olehnya, dan digarap bareng sodaranya D.P Depp. kemudian film yang kedua adalah "Fear and Loathing in Los Vegas" dibintanginya dengan Benicio del Toro.
"the Brave", yanHomebraveg diproduksi pada tahun bercerita tentang seorang keturunan Indian yang tinggal didaerah kumuh (pembuangan rongsokan) bersama keluarganya dan orang-orang sisa lainnya. film yang diangkat dari novelnya Gregory McDonald dan diproduksi pada tahun 1997 ini mengangkat tema pengorbanan seorang Raphael dengan rela menjual nyawanya demi 50 ribu dollar untuk menyelamatkan keluarga dan penduduk kampung kumuh tersebut (hayah, sok hero sok asoi..hehehe). begini yang dikatakan oleh kakangmas Johnny tentang "the Brave", "we always say 'i wouldP15 kill for my family, but would u really? i mean when really put in that situation, would u really give up your life? do you really love something or someone that much?". (yah begitulah pertanyaan dari kakangmas Johnny berkaitan dengan filmnya itu......tapi kang mas, apapun pasti aku lakukan kalo menyangkut dikau.....weks, nggilani poll! weks cuh!)

digarap dengan minimalis. minimalis sak kabeh-kabehe pokoke. mulai dari setting, plot, alur, aktor, cerita sampe karakter tokoh juga minimalis. dengan keminimalis-an ini kok yo masih menjadi nominasi dalam Cannes Film Festifal. intine kalo bukan big fans of kakangmas Johnny, hadah pasti bosan. ga ono gregete.

tapi seng jelas dalaFear_n_loathingm film ini kakangmas Johnny masih cukup muda, karena film ini diproduksi pada tahun 1997. masih gemuk, ganteng (jelas lah) dan cantik (haduh...) tidak ketinggalan "indian". sedang film "Fear nad Loathing in Los Vegas" bisa dibilang film tentang 2 orang luar biasa...yaitu Raoul Duke yang diperankan oleh kangmas Johnny, dan Dr. Gonzo yang diperankan oleh Benicio del Toro. awalnya aku tidak tau kalo Dr. Gonzo adalah Benicio del Toro....gendut, gemuk, rambut hitam kriting agak panjang (pokoke potongan nggilani). sedang Johnny botak (botak bukan gundul). damn! tetep ngganteng kok. film ini pengambilan gambarnya bagus, setting bagus, ide yang brilian. tapi jika kamu bukan orang dengan ide sama gilanya dengan mereka....fiuh, kau akan muak! hehehe....bercerita tentang Raoul Duke yang ingin meliput balapan motor ditemani oleh Dr. Gonzo...yah begitulah ceritanya...untuk lebih lanjut silahkan lihat dewe.

seng penting "i love Johnny".

November 18, 2005

untuk seorang si yang hidup di jogja

hari ini ,
kau sodorkan aku sebuah pintu.
rupanya, telah menunggu kau dibaliknya
duduk disebStoneface_1uah bangku tua
dan sebuah layangan siap
kau pinta untuk kuterbangkan untukmu

barangkali kau buang saja layangan itu
karena warnanya ta cocok untuk kulitku.
bukan itu. sungguh.
barangkali aku hanya ingin duduk saja di bangku itu
sambil memandangmu...

January 26, 2006 |

sekedar nitip



bermain rembulan

airmata rembulan kita pernah rangkai
dan anak-anak kabut membawanya pergi

tak lama setelah kita
mulai membakar ayat-ayat metropolitan
yang memang tak pernah ramah

kakang,
sungguh perih bermain rembulan
menjinjing,menjahit, memola,
menggunting dan tiba-tiba
sajadah kita terbanting

kakang,
aku memang tak jujur meminangmu
tapi bukankah kukawini kau
dengan maskawin batangan kilat ngilu

beberapa hari setelah itu
kutebus dengan darahku

mungkin kini hanya sunyi
maka buanglah rahimku


yang sekarat minta susu
biarkan saja, barangkali
rintihannya akan bermimpi tentang bayi.


nyanyian laut

pada kail yang sama
kau mancing butiran pasir apel
berumpan mata pisau
kitapun tenggelam dalam ombak
keringat dada deburan antara foto hitam putih

nelayan yang pulang sore ini
adalah pemburu lanskap
itu sebabnya kita harus tetap terjaga

kakang,
maafkan aku selalu
terbakar serapah matahari. masa lalu
telah kutelan lautanmu terkait rembulan

tapi rembulan selalu datang melintasi malam
itu sebabnya kubuang jangkarku
berharap insang rahimku akan membunuhmu
hingga hanya tinggal jejak kakimu

ah...barangkali kau tak
seharusnya bertemu dengan pantaiku.

organ tubuh :D

sebuah tempat persinggahan yang selalu saja memberikan pengalaman aneh, terlepas apakah luar biasa ato bukan,yang jelas aneh. barangkali sesuai dengan diriku yanga aneh. setahun yang lalu aku singgah ke sana, dalam perjalanan yang panjang bahkan sempat aku merasa berada di negeri antah berantah, karena aku memang tak tau di mana aku saat itu. " i got lost !in the middle of no where !" aku sempat bertemu dengan seorang penari, barangkali dia bukan penari. tapi jari-jemarinya sangat lentik. ia sering menggerakkan jemarinya kesana-kemari. bahkan ia beberapa kali memamerkannya padaku. menunjukkannya di depanku sampe memegang tanganku. barangkali dia ingin membandingkan dengan jemariku. yah....karena aku juga suka menari meskipun bukan penari...kurasa aku juga mempunyai jemari yang lumayan lentik. dan ketika dia mencoba menggegam tanganku dengan sangat erat dan memaksa, kuremas jemarinya sampai terdengar suara kemletuk..barangkali jarinya patah. karena tiba-tiba ia menarik tangannya dari jemariku dan berhenti menari. melihat ia bereaksi demikian rupanya aku tersenyum "rasakan !".
Eye_1
itu kisahku taun lalu ketika aku singgah di tempat persinggahan yang aneh itu. tahun ini aku juga kesana. tepat pada bulan yang sama. tiba-tiba saja kuputuskan untuk singgah ke sana. ada manusia setengah batu pintar ngomong yang membuatku ingin pergi kesana. tapi memang bukan itu saja sih....seorang pendeta yang merupakan kawan lama sungguh membuatku tak tahan ingin mencumbunya. tapi pengalaman aneh bukan terdapat pada pendeta itu. tapi lebih pada manusia setengah batu itu. ia begitu pandai merangkai kata. ia bahkan sempat membiusku dengan gaya bahasa dan logat yang mengingatkanku akan nabi.
hahahaha.....aku memang sempat bersetubuh dengan sejarahnya. sejarah asal mula manusia setengah batu. tapi tetap saja batu adalah batu. persetubuhan kami yang singkat itu ternyata cukup keras dan menyakitkan. dasar batu !
merasa bosan dan kehilangan arah tinggal dalam dunia batu. akupun melarikan diri pada seorang laki-laki yang mengaku dirinya adalah matahari. sebenarnya laki-laki ini sudah cukup kukenal dan mengenalku. tapi ada beberapa alasan sehingga membuat kami lebih baik tidak saling mengenal. bukan apa-apa sih cuman ketertarikan kami pada kaki, tangan, kepala, wajah, badan, rambut, payudara, penis, vagina, klitoris, puting, buah zakar membuat kami memang seharusnya tidak saling mengenal.
ehm...tapi toh akhirnya aku tertidur juga. meskipun awalnya sempat tercium bau amis. pada malam berikutnya ketika aku mulai kehilangan rasa tolakku akan bau amis, aku membuat kesepakatan yang sebenarnya tidak aku inginkan. kalo aku mau menamainya maka akan kunamai "kesepakatan laut" karena kesepakatan itu sungguh amis sekali, seperti laut dengan ribuan ikan di dalamnya. tapi aku juga tak menampik bahwa aku memang suka makanan laut. meskipun bisa membuat tubuhku berbau amis pula.
setelah setengah kesepakatan itu dijalankan, aku akhirnya memilih untuk bertemu dengan pendeta itu, tak henti-hentinya aku memandangnya. mengukur seberapa besar matanya, hidungnya, bibirnya dan memang aku masih ingat semua. dia memang luar biasa. seorang pendeta yang sangat trendy. yang selalu bisa membuatku merasa so in fashion pula. i miss u mo....

sebentar aku merasa tubuhku amis.....ehm...aku akan mandi dulu.

Thursday, March 23, 2006

KEMBALI MEMBACA


akhir- akhir ini aku mulai membaca buku lagi. meskipun bukan buku-buku berat yang berbau teori dan teori. milan kundera dengan "kitab lupa dan gelak tawa", buku dari seorang perempuan dalam kehidupan santo agustinus (hehehe...buku ini tentang perempuan pintar yang sedang marah-marah), dan yang terakhir adalah sebuah naskah pementasan dari george bernard shaw "man and superman" atau dalam bahasa indonesianya "manusia adi manusia". hampir semua buku itu adalah buku-buku yang sudah kubeli cukup lama sekitar 1,5 atau 2 tahun yang lalu tapi aku masih malas membacanya.
ternyata membaca buku merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan. buku yang saat ini sedang kubaca yaitu man and superman milik bernard shaw sungguh menarik, sebuah naskah pementasan komedi dan filsafat. asli lucu pool. ada banyak opini tentang perempuan yang berlawanan dengan apa yang sudah sering kita dengar. selama ini opini tentang perempuan selalu meletakkan pada perempuan sebagai manusia yang tertindas. yang tidak bisa berpikir picik, dan cerdas. yang jelas opini tentang perempuan dalam buku itu, hampir sama dengan opiniku. perempuan tidak harus seperti laki-laki kalo ngomong keseteraan dan sebagainya. jadi ingat pepatah " tempat yang paling berbahaya adalah tempat yang paling aman" nah hampir sama dengan opiniku tentang bagaimana seharusnya perempuan. kalo ada orang yang seperti kebakaran jenggot menanggapi pendapat " woman is the second sex" aku malah memilih tidak mengambil pusing segala istilah itu. membiarkan opini bahwa perempuan adalah makhluk lemah, adalah sebuah strategi bagus untuk menjerat musuh. tentu saja yang aku maksut dengan musuh di sini adalah laki-laki.
jadi teringat pula dengan sebuah kalimat yang diucapkan oleh seorang roy marten ketika dia ditangkap karena kasus narkoba, dalam tayangan sebuah infoteinment yang semakin semarak saja. " tidak ada dalang dalam kasus penangkapan saya, ini semua hasil kerja bagus dari pihak kepolisian dan saya sebagai laki-laki akan bertanggungjawab atas apa yang memang sudah saya perbuat." hehehe...asli aku tersenyum ketika melihat tayangan dan terutama kalimat itu. komentarku sih...."asyik.....tanggungjawab dipihak laki-laki. jadi kalo seandainya ada apa-apa dengan perempuan. atau perempuan melakukan kesalahan...ya ...maaf...kami memang tidak didik untuk bertanggungjawab :D....masuk khan?! hehehe..."
bukannya aku pro feminis or kontra or apa kek tapi yang jelas aku mencoba mengambil sela dari setiap konsep sosial dari seorang perempuan.

kembali pada buku " man n superman" : bisakah membayangkan seorang laki-laki yang lari terbirit-birit karena ada seorang perempuan yang jatuh cinta dan mengejarnya agar dinikahi? padahal laki-laki itu sebenarnya juga mencintai perempuan itu. seorang pemikir radikal john tanner keturunan don juan seorang perayu ulung, lari karena karena takut pada perempuan dan belenggu yang akan diterimanya ketika hidup bersama perempuan. ketika ia tau seorang ann whitefield bangsawan yang cantik, pintar dan licik sedang berusaha mengejarnya maka ia pun melarikan diri menuju spayol di tengah perrjalanan ia akhirnya bertemu dengan seorang geromban perampok yang dikepalai oleh mendoza. akhirnya dia terhenti perjalanannya. tak disangka ann whitefield mengejarnya. akhirnya dengan segala keterpaksaan iapun menyepakati untuk menikahi ann whitefield....sungguh mereka adalah pasangan yang cocok.

Wednesday, March 22, 2006




BULE MASUK IGLOO


berdasarkan saran dari beberapa teman. yah akhirnya kuputuskan untuk membuat blog ini. asline seh...sudah beberapa kali mencoba. tapi dasar aku yang gaptek mungkin, ga berhasil terus...
blogs ini ternyata lebih susah dari yang kubayangkan. ngomong-ngomong soal gaptek jadi inget seorang bule yang datang ke igloo beberapa minggu yang lalu. ketika bule itu nyampe pintu, aku yang saat itu ada di server sudah mempersiapkan tenaga dalam maupun luar untuk berbahasa inggris. eh lah dalah....si bule itu ketika nyampe di server malah ngomong " permisi mbak, mau pake internet....ada yang kosong?" yah.....habis sudah....habis sudah tenaga yang kuhimpun, keluar dari sela-sela napasku dan terbuang percuma. udah gitu ketika si bule ngenet...lah kok ya...masih pinteran aku dari pada dia. di tengah-tengah pe-ngenetan dia, tiba-tiba aku mendengar suaranya " mbak, eee........bagaimana cara menyimpan file ini? maaf....saya gaptek." (jangan lupa logatnya masih kebule-bulean) hah....bule ini kenal juga dengan istilah gaptek....waduh sangar. ya...akhirnya aku membantu dialah....apart of my job gitu loh..:) lagian lumayan bisa lebih pinter dari bule. ketika dia membayar, aku bertanya padanya berapa lama sudah berada di indonesia, dia bilang sudah 2 tahun. dua tahun dengan bahasa indonesia yang sebagus itu dan juga mengetahui istilah gaptek segala. wah hebat. tapi kekagumanku itu ga aku pendam dalam hati saja kok. aku juga mengatakannya seperti ini," wah hebat 2 tahun sudah fasih basa indonesianya." dia bilang, " ah...ga juga" (aksen jangan ketinggalan). ternyata bule itu dari inggris. kira-kira kapan ya...bule itu masuk igloo lagi? lumayan ganteng soalnya :D
ya..karena ini tulisan yang pertama dari pada ga ada sama sekali tulisane blogku, jadi yang ringan-ringan saja.
akan berjumpa lagi pasti.